Piala Menpora Terancam Bentrok dengan Agenda Timnas

Perhelatan terancam bentrok dengan agenda proyeksi . Ada kemungkinan dua kegiatan tersebut berjalan bersamaan.

Piala Menpora akan bergulir pada 21 Maret-25 April 2021. Dalam waktu dekat, Timnas Indonesia juga berpeluang kembali menggelar persiapan.

Timnas Indonesia baru merampungkan pemusatan latihan pada Februari-Maret 2021. Pada pengujung aktivitas, tim berjulukan Skuad Garuda itu menjajal kekuatan Persikabo 1973 dan .

Saat ini, PSSI sedang merancang rangkaian uji coba untuk Timnas Indonesia, di antaranya melawan Timnas Brasil, Argentina U-23, dan Pantai Gading.

Pelaksana Tugas (Plt) Sekjen PSSI, Yunus Nusi mengatakan, Pantai Gading bersedia untuk meladeni perlawanan Timnas Indonesia pada bulan ini.

“Pantai Gading juga menyatakan kesiapannya untuk berlatih tanding dengan Timnas Indonesia pada Maret 2021,” kata Yunus Nusi dinukil dari Antara.

Yunus Nusi ingin para kontestan Piala Menpora memahami potensi bentrok agenda dengan Timnas Indonesia. Setiap kontestan diminta untuk merelakan para pemainnya jika mendapatkan panggilan dari pelatih Shin Tae-yong.

“Kami berharap tim tidak keberatan saat ada pemainnya yang menjadi incaran Shin Tae-yong. Sebab, ada sejumlah agenda yang tengah disiapkan,” tutur Yunus Nusi.

“Agendanya yaitu uji coba dengan beberapa negara dan persiapan menuju Kualifikasi 2022 Zona Asia,” jelas Yunus Nusi.

Rencana Uji Coba

Selain itu, Yunus Nusi menyatakan pihaknya masih menjalin komunikasi dengan tiga asosiasi negara tersebut untuk menerima ajakan beruji coba dengan Timnas Indonesia.

“Saat ini, kami masih melakukan komunikasi dengan Asosiasi Sepak Bola Brasil. Kemudian, Argentina U-23 juga punya rencana melakoni tur ke beberapa negara Asia,” ucap Yunus Nusi.

Selain menuju SEA Games 2021, Timnas Indonesia juga dipersiapkan untuk Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia. Skuad Garuda masih menyisakan tiga laga tersisa melawan , Thailand, dan Uni Emirat Arab (UEA).

Tiga pertandingan itu akan digelar secara terpusat di UEA pada Juni 2021.

“Di sisi lain, pada Juni 2021, masih ada agenda lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia di UEA. Shin Tae-yong sempat ingin memperpanjang pemusatan latihan hingga menuju kualifikasi itu,” terang Yunus Nusi.

Berita Terkait