Pelatih Arema FC Lega Bruno Smith Sudah Ikut Latihan

Jajaran pelatih FC merasa lega setelah penyerang asing Bruno Smith mengikuti latihan tim di di Lapangan Ketawang, Gondanglegi, kemarin, sebagai persiapan menghadapi turnamen pramusim 2021.

Smith sebetulnya sudah tiba di Indonesia sejak 5 Maret. Namun pemain asal Brasil ini wajib menjalani karantina terlebih dulu selama lima hari di Jakarta sebelum bertolak ke Malang untuk bergabung dengan tim.

Smith harus menjalani latihan terpisah dari rekan-rekannya dengan didampingi fisioterapis. Meski diakui kebugarannya tetap bagus, karantina tanpa banyak kegiatan memberikan pengaruh terhadap kondisinya.

Asisten pelatih Kuncoro mengatakan, ia sempat menawari Smith mengikuti latihan secara normal, tapi sang pemain memilih ingin menyesuaikan diri terlebih dulu. Kuncoro akhirnya tidak ingin memaksakan Smith berlatih normal, karena tak ingin mengundang risiko cedera.

“Saya tanya, Bruno siap bergabung atau tidak. Dia bilang mau menyesuaikan [diri] dulu. Saya juga tidak masalah, karena yang merasakan fisiknya kan dia sendiri,” jelas Kuncoro dikutip laman operator kompetisi (LIB).

“Saat ini [kami] hanya perlu menunggu. Kalau saya paksakan takut malah cedera, tim yang akan rugi. Kami perlu dia menjadi motor serangan.”

Sementara itu, Arema terancam kehilangan dua pemain di fase grup, karena Rafli dan Caio Ruan membutuhkan waktu selama beberapa pekan untuk memulihkan cedera mereka.

Rafli mendapat cedera saat membela Indonesia melawan dalam pertandingan uji coba pekan lalu. Ia diperkirakan membutuhkan waktu sedikitnya enam pekan untuk masa pemulihan. Dokter tim berharap hasil pencitraan resonansi magnetik (MRI) tidak mengkhawatirkan.

“Kami belum mendapatkan hasil MRI-nya. Semoga saja dari hasil MRI tersebut kami bisa memastikan kondisi cedera yang dialami Rafli. Semoga saja tidak seberat perkiraan awal. Semoga waktu pemulihannya tak selama dugaan kami,” kata dokter tim Nanang Tri Wahyudi.

Sedangkan Caio menjalani pemulihan cedera quadriceps. Walau begitu, Caio sudah mengikuti latihan ringan, walau terpisah dari rekan-rekannya. Masa pemulihan Caio diperkirakan lebih cepat dibandingkan Rafli.

“Cedera ini merupakan salah satu efek memaksakan ikut latihan saat kondisi cederanya belum pulih 100 persen. Dia butuh waktu empat pekan untuk menjalani proses pemulihan dari nol lagi,” kata Nanang.

Berita Terkait