Hanif Sjahbandi Bicara Soal Latihan Shin Tae-yong, Lebih Ekstrim dari Pelatih Lain

Gelandang Arema FC Hanif Sjahbandi mengungkapkan metode kepelatihan Shin Tae-yong di Timnas Indonesia. Menurutnya, tidak ada pelatih Indonesia sebelumnya yang se-ekstrim Shin Tae-yong.

Hanif mendapat kesempatan menjalani pemusatan latihan (TC) Timnas sejak tanggal 9 Februari sampai 7 Maret 2021 lalu. Ia juga selalu tampil dalam dua laga uji coba Timnas Indonesia melawan Tira Persikabo dan Bali United.

Hasilnya, Timnas Indonesia mampu meraih kemenangan 2-0 atas Tira Persikabo dan 3-1 atas Bali United.

Kerap mendapat panggilan Timnas Indonesia, Hanif sudah pernah merasakan dilatih oleh Eduard Tjong, Indra Sjafri, Luis Milla dan kini Shin Tae-yong. Daripada pelatih timnas sebelumnya, Shin Tae-yong muncul sebagai pelatih paling disiplin.

“Latihan tiga kali, pagi, sore, dan malam,” kata Hanif ketika Live di Instagram pribadinya, Kamis (11/3/21).

“Bahkan pelatih sebelumnya tidak pernah ada yang seperti ini, paling banyak cuma dua kali latihan. Kalau sekarang, bisa empat kali kami menjalani latihan.”

Tidak hanya latihan keras, para pemain juga harus siap-siap mendapat hukuman berat jika melanggar aturan. Satu diantaranya adalah membayar denda.

“Ada aturan-aturannya. Kalau ketahuan main media sosial akan didenda Rp 1 juta, telat makan denda Rp 2 juta.”

Setelah TC timnas usai, seluruh skuad, termasuk Hanif kembali ke klub masing-masing. Rencananya, Timnas Indonesia akan kembali menjalani TC setelah ajang Piala Menpora selesai.