Tim PON Papua Kalahkan Persipura di Laga Ujicoba

Dua pemain Timnas Indonesia U-23, Osvaldo Haay dan Yakub Sayuri tampil berseragam tim sepak bola PON Papua menghadapi tim lokal Jayapura, Ifan Sport yang diperkuat oleh 90 persen skuat Persipura.

aga eksibisi yang digelar Rabu (10/3/21) malam, untuk memeriahkan peresmian Stadion Barnabas Youwe di Sentani, Kabupaten Jayapura itu dimenangkan oleh tim PON Papua dengan dua gol tanpa balas. Salah satu gol dicetak oleh Osvaldo Haay.

Timnas Indonesia U-19 TC di Spanyol Bawa Kabar Kejutan, Kento dan Kevin Positif Corona Jadi Sorotan

Tim PON Papua yang diisi oleh mayoritas pemain muda itu cukup mampu meladeni permainan Boaz Solossa dan kolega sejak menit awal. Meski hanya sebuah laga eksibisi, namun permainan kedua tim cukup menghibur.

Boaz yang juga merangkap sebagai pelatih tim Ifan Sport bersama Ricardo Salampessy legowo dengan kekalahan timnya. Ia mengaku tim PON Papua besutan Eduard Ivakdalam bermain sangat baik di laga tersebut.

“Mereka (tim PON Papua) sudah bermain sangat baik, mulai dari organisasi permainan, pressure sudah diterapkan oleh Kaka Edu dan tim pelatih dengan baik. Saya juga lihat dari strategi, formasi dan visi bermain sudah sangat bagus,” ujar Boaz Solossa usai laga.

Meski timnya berhasil memenangkan pertandingan, Eduard Ivakdalam tak lantas jemawa. Dirinya justru mengaku laga ujicoba menghadapi skuat Persipura itu sangat membantu timnya yang tengah bersiap menjelang perhelatan PON XX Oktober tahun ini.

Edu juga menyebut kehadiran Osvaldo Haay dan Yakub Sayuri sangat mempengaruhi performa timnya.

“Kita sangat terbantu dengan laga-laga seperti ini, sangat berdampak baik untuk menambah jam terbang tim kita menuju PON. Tim kita tampak lebih bersemangat dengan adanya Osvaldo dan Yassa,” kata Edu.

Skuat Persipura di Tim Tarkam

Selain Boaz Solossa, sejumlah pemain Persipura Jayapura ramai-ramai memperkuat tim selevel antar kecamatan (tarkam). Sebut saja nama-nama seperti Yustinus Pae, Kevin Rumakiek, Feri Pahabol, Gunansar Mandowen, Israel Wamiau, Donny Monim, Fridolin Yoku hingga Evraim Awes tergabung dalam tim lokal Ifan Sport. Tim ini dibentuk untuk mengikuti turnamen lokal Waena Cup.

Selain para pemain Persipura, tim Ifan Sport juga diperkuat sejumlah pemain profesional seperti Victor Pae, Ronny Beroperay, Nelson Alom, Nerius Alom, Ricky Kayame dan Elisa Basna. Sebelumnya juga ada nama Terens Puhiri.

Para pemain Persipura dan sejumlah pemain profesional lainnya memang tak ada pilihan lain selain bermain di turnamen tarkam untuk melepas rindu akan lapangan hijau.

Pasalnya, kompetisi sepak bola Indonesia telah vakum sejak Maret 2020 karena pandemi Covid-19. Persipura sendiri batal ikut serta di turnamen pramusim Piala Menpora yang akan digelar pada 21 Maret nanti.