PSSI Gandeng Intelijen Untuk Timnas Indonesia & Kompetisi

Badan intelijen strategis Indonesia (BAIS) TNI kini tidak hanya melakukan kegiatan analisis pengamatan dan strategis untuk kepentingan negara, tapi juga dilibatkan dalam kegiatan sepakbola nasional.

Hal itu terjadi setelah PSSI melakukan kerja sama dengan BAIS TNI kemarin di Jakarta. Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan mengatakan, kerja sama itu berupa bantuan melancarkan kegiatan timnas Indonesia saat berada di luar negeri.

“Terima kasih kepada BAIS TNI yang menerima PSSI. PSSI membutuhkan bantuan dan kerja sama dari BAIS TNI terkait kelancaran kegiatan timnas Indonesia di luar negeri yang memerlukan koordinasi dengan atase pertahanan,” kata Iriawan dilansir laman resmi PSSI.

Bukan itu saja, lanjut Iriawan, kerja sama itu juga untuk memperlancar jalannya kompetisi di tanah air. Iriawan berharap hubungan dengan BAIS ini bisa saling membangun dan memberi manfaat kepada kedua belah pihak.

“Selain itu, sinergi antara PSSI dan BAIS TNI ini untuk kelancaran pelaksanaan kompetisi sangat berdampak pada kemajuan sepakbola nasional. Apalagi terdekat kami akan menggulirkan Piala Menpora 2021,” ucap Iriawan.

Di lain pihak, kepala BAIS TNI Letjen Joni Supriyanto merasa senang dapat menjalin kerja sama dengan PSSI. Sebagai ketua umum pengurus besar persatuan menembak sasaran dan berburu seluruh Indonesia (PB Perbakin), Joni menginginkan kegiatan olahraga berjalan lancar.

“Kami mendukung program-program dan siap bekerja sama yang baik dengan PSSI. Olahraga itu mempersatukan bangsa, apalagi kita ketahui euforia sepakbola di Indonesia sangat luar biasa,” imbuh Joni.

Sepanjang 2021, timnas Indonesia memiliki agenda internasional di luar negeri. Di kelompok senior, timnas akan menjalani pertandingan sisa Grup G kualifikasi Piala Dunia 2022 dan Piala AFF.

Laga sisa kualifikasi Piala Dunia 2022 kemungkinan besar bakal digelar di Uni Emirat Arab. Sedangkan Piala AFF tidak mengubah sistem kandang dan tandang. Sementara timnnas U-23 akan mengikuti SEA Games 2021 di Vietnam.

Sementara Piala Menpora yang menjadi turnamen pramusim pada tahun ini direncanakan dimulai pada 21 Maret. Ajang ini nantinya digelar di empat kota, yakni Bandung, Solo, Sleman, dan Malang.

Selepas Piala Menpora, PSSI berencana menggulirkan Liga 1 pada pertengahan tahun. Hanya saja, kepastian itu bergantung kepada kelancaran Piala Menpora yang menjadi tolak ukur pelaksanaan kompetisi di tengah pandemi virus Corona. (Goal.com)