Kontra Bali United, Shin Tae-Yong Tak Ubah Pola Main Timnas Indonesia

Pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong tidak akan mengubah pola permainan tim besutannya ketika menghadapi Bali United, Minggu (7/3) malam WIB, di Stadion Madya Gelora Bung Karno Jakarta.

Pada pertandingan uji coba pertamanya, timnas Indonesia memetik kemenangan 2-0 atas TIRA Persikabo kemarin malam. Namun Tae-yong menilai permainan yang diperlihatkan anak asuhnya tidak sesuai harapan.

Tae-yong memaklumi situasi yang dialami sebagian besar pemain, mengingat mereka sudah lama tidak merasakan atmosfer pertandingan. Kendati demikian, ia tidak akan mengubah permainan untuk laga besok.

Menurut Tae-yong, perubahan hanya terletak di komposisi pemain. Sebab, juru taktik asal Korea Selatan itu ingin melihat kemampuan seluruh pemain yang mengikuti TC kali ini.

“[Pola permainan] Lawan Bali United hampir sama seperti hari ini (kemarin malam). Tapi pemain yang diturunkan akan berbeda. Saya ingin melihat kemampuan [seluruh] pemain saat pertandingan,” ujar Tae-yong.

Tae-yong kemungkinan tidak menurunkan Evan Dimas, karena sedang mengalami pemulihan cedera. Sedangkan Nadeo Argawinata berpeluang tampil menggantikan M Riyandi di bawah mistar.

“Evan Dimas sedang cedera, jadi tidak bisa dimainkan. Nadeo punya kemampuan baik, mungkin akan diturunkan di pertandingan berikutnya,” ucap mantan arsitek Korsel di Piala Dunia 2018 tersebut.

“Ada beberapa pemain baru yang bisa main di pertandingan ini (lawan TIRA Persikabo]. Mereka telah bekerja keras dalam latihan. Ini merupakan tes bagi pemain baru sekaligus melihat kemampuan mereka.”

Tae-yong meyakini performa pemain bakal lebih baik di laga besok malam, meski berencana menurunkan komposisi berbeda. Dia berharap permainan timnas akan berkembang di masa mendatang.

Sementara itu, ketua umum PSSI Mochamad Iriawan merasa senang pertandingan uji coba timnas berjalan dengan lancar. Menurutnya, performa skuad Garuda harus lebih baik saat menghadapi Bali United.

“Alhamdulillah uji coba pertama timnas Indonesia melawan TIRA Persikabo berjalan lancar dan sesuai protokol kesehatan yang ketat. Meski menang, permainan timnas harus lebih ditingkatkan lagi pada uji coba selanjutnya,” kata pria yang akrab disapa Iwan Bule itu.