Asnawi Mangkualam Ungkap Pesan Penting dari Shin Tae-yong

Mangkualam menjadi salah satu pemain asal yang berkarier di Korea Selatan.

Asnawi memperkuat dengan kontrak satu musim. Eks pemain tersebut juga mempunyai opsi perpanjangan 12 bulan dalam kontraknya.

Kepindahan Asnawi ke Ansan Greeners tidak lepas dari andil pelatih , Shin Tae-yong. Dia yang merekomendasikan ke Ansan Greeners agar merekrut Asnawi.

Dalam wawancara dengan media Korea Selatan, Chosun Sport, Shin pernah mengungkapkan keyakinannya Asnawi cocok berkarier di Korea Selatan.

“Asnawi adalah pemain nomor satu di hati saya,” puji Shin untuk merekomendasikan ke Ansan Greeners.

“Dia adalah pemain yang tidak akan saya ragukan. Pemain yang bisa bermain tidak hanya di 2 tapi juga di K League 1,” ungkap pelatih timnas Indonesia itu.

Asnawi dalam wawancara dengan Kompas.com, berbicara soal sosok Shin Tae-yong. Bahkan, Asnawi mengaku selalu mengingat sebuah pesan penting dari Shin Tae-yong.

“Dia berpesan agar pemain harus displin dan memiliki mental kuat,” kata Asnawi.

Pemain berusia 21 tahun itu tak ingin menyia-nyiakan kesempatan berkarier di Korea Selatan. Asnawi bertekad untuk bekerja keras demi bisa bermain reguler di tim.

“Saya berharap bisa memberikan yang terbaik buat tim dan pelatih. Semoga saya bisa mendapat kesempatan bermain di sini karena saya tahu memang butuh waktu untuk saya beradaptasi,” tutur Asnawi.

“Saya harus kerja keras dilatihan untuk mendapatkan kepercayaan dari pelatih,” jelasnya menambahkan.

Asnawi Mangkualam (kedua dari kanan) berpose dengan atribut Ansan Greeners FC, klub kasta kedua Korea Selatan. Di sebelah kiri Asnawi Mangkualam berdiri agen .

Asnawi Mangkualam (kedua dari kanan) berpose dengan atribut Ansan Greeners FC, klub kasta kedua Korea Selatan. Di sebelah kiri Asnawi Mangkualam berdiri agen Gabriel Budi.(Dokumen pribadi agen Gabriel Budi)

Dia sadar perlu kerja keras karena tidak mudah untuk bermain reguler di tim. Karena itu, Asnawi tidak terlalu memusingkan persaingan.

Sebaliknya, Asnawi mengaku malah butuh pesaing untuk meningkatkan performanya.

“Kalau pesaing pasti ada karena di setiap pemain itu butuh pesaing untuk bisa meningkatkan performa juga. Efek ke tim juga baik. Kalau setahu saya namanya Jun hee kemarin waktu pertandingan pertama dia cetak gol dan saya rasa dia bermain bagus dan itu sangat bagus untuk tim,” tutur Asnawi.

Salah satu pesaing Asnawi adalah Lee Jun-hee. Dia berposisi sebagai bek sayap kanan. Lee Jun-hee masuk dalam best XI pekan pertama 2 2021.

Hal itu diumumkan oleh akun twitter resmi K-League pada Rabu (3/3/2021).

Lee Jun-hee berada di pos bek sayap kanan dalam best XI pekan pertama dengan formasi 4-4-2. Tidak heran jika Lee Jun-hee masuk dalam best XI pekan pertama K-League 2.

Pemain 32 tahun itu mencetak satu gol saat Ansan Greeners menjamu Gimcheon Sangmu pada Sabtu (27/2/2021).

Ia mencetak gol pada menit keenam. Laga Ansan Greeners melawan Gimcheon Sangmu itu berakhir dengan skor sama kuat 1-1.

Sementara Asnawi harus absen dalam laga tersebut. Dia harus menjalani karantina karena kontak dengan penggemar yang memiliki Covid-19 usai dirinya diperkenalkan klub. (Kompas)

Berita Terkait