Syahrian Abimanyu: A-League Lebih Baik Dibandingkan Liga 1

Gelandang muda Syahrian Abimanyu tidak ingin membuang peluang tampil di Liga Utama Australia (A-League) bersama Newcastle Jets, dan berusaha meningkatkan kebugaran agar dilirik pelatih Craig Deans.

Syahrian mengatakan, bermain di luar Indonesia sudah menjadi impiannya. Ketika bergabung dengan klub raksasa Malaysia Johor Darul Takzim (JDT), Syahrian merasa senang. Bahkan ia menilai kepindahannya ke Jets sebagai langkah besar, karena A-League merupakan salah satu liga terbaik di Asia.

“Impian saya selama ini adalah bermain di luar Indonesia. Ketika tawaran [dari Jets] datang, saya tidak berpikir dua kali,” ujar pemain yang akrab disapa Abi ini diwartakan laman Newcastle Herald.

“Itu keputusan yang mudah, dan saya pikir A-League lebih baik dibandingkan liga di Indonesia. Ini liga yang bagus. Gaya bermainnya juga lebih baik dibandingkan di liga kami.”

Namun keinginan Abi untuk mencicipi atmosfer pertandingan di Australia harus ditunda. Nama pemain berusia 21 tahun ini tidak masuk ke dalam daftar skuad Jets untuk pertandingan tandang melawan Adelaide United, Jumat (5/3).

Deans menyebutkan tidak ingin terburu-buru menurunkan Abi, mengingat kebugaran mantan penggawa Madura United itu belum sesuai level yang diinginkan. Abi mengakui kondisinya saat ini belum memenuhi standar yang dibutuhkan tim.

“Saya senang dengan cara bermain Newcastle Jets. Dalam hal kebugaran, saya berharap dapat mengejar ketertinggalan dari rekan-rekan lainnya secepat mungkin. “Terakhir kali saya latihan [dalam sebuah tim] pada Desember lalu bersama tim nasional. Jadi memang cukup berat untuk mengejar ketertinggalan,” beber Abi.

“Saya sudah melakukan latihan [mandiri], tapi berbeda dibandingkan di sini. Tentu saja situasi COVID-19 di Indonesia lebih buruk dibandingkan di sini. Saya hanya latihan untuk menjaga kebugaran saja di rumah. Saya butuh waktu. Dalam dua minggu ke depan, mungkin saya sudah siap.”

Abi bergabung ke Jets dengan status pemain pinjaman dari JDT. Selain Abi, JDT juga meminjamkan satu pemain lainnya ke klub yang sama, Liridon Krasniqi. Selama berada di Australia, Abi tinggal bersama Krasniqi.

“Dia sosok yang baik dan menyenangkan. Saya sudah menganggap dia sebagai kakak baru,” ucap Abi. (goal.com)