Pemain Timnas Indonesia Diminta Seperti Polisi & Tentara

Ketua umum meminta pemain tidak banyak mengeluh selama menjalani pemusatan latihan (TC) di tengah masa sulit sepert sekarang. Iriawan meminta agar pemain mencontoh semangat polisi dan tentara.

Iriawan kembali mengunjungi penggawa timnas yang sedang menjalani TC untuk 2021 di Lapangan D komplek Gelora Bung Karno Jakarta tadi malam. Kehadiran Iriawan di TC tersebut untuk melihat perkembangan pemain.

Meski tidak menyebutkan nama, Iriawan menyatakan ada beberapa pemain yang sempat berhenti latihan, karena merasa letih. Sikap pemain itu dinilai Iriawan tidak disukai pelatih .

Menurut Iriawan, Tae-yong menginginkan penggawa timas tidak pantang menyerah dalam menghadapi situasi seperti apapun. mantan sekretaris utama lembaga ketahanan nasional itu meminta pemain meniru polisi dan tentara.

“Kalau polisi pasti menemukan masalah di lapangan. Begitu juga dengan tentara yang bisa saja meninggal dunia saat berperang. Pemain bola, ya risikonya sakit di lapangan. Itu yang saya sampaikan kepada mereka,” ujar Iriawan.

Kendati kebugaran pemain tidak mencapai 100 persen, Iriawan berharap timnas dapat memetik kemenangan atas dalam pertandingan uji coba di Stadion Madya hari ini.

“Fisik belum 100 persen, masih 60 persen. Shin Tae-yong menyesuaikan imunitas mereka, karena memang situasi seperti ini (pandemi virus Corona). Pemain jangan terlalu capai, nanti imunitas mereka menurun,” ucap Iriawan.

“Saya sudah sampaikan supaya besok (hari ini) mereka tetap enjoy dan memberikan yang terbaik. Insya Allah mereka siap bertanding. Saya minta pemain tetap tampil maksimal, sehingga bisa meraih kemenangan.”

Iriawan juga meminta pemain mengubah pola pikir, meski SEA Games masih menyisakan waktu delapan bulan. Hal ini dilakukan agar timnas dapat mewujudkan target menggondol medali emas di multievent dua tahunan se-Asia Tenggara tersebut.

“Mindset mereka sudah harus bagaimana bertanding di SEA Games nanti, karena kami menargetkan emas. Setelah TC ini pemain akan dipulangkan ke klub masing-masing untuk persiapan Piala . Lalu nanti akan saya kaji kapan mereka menjalani TC lagi untuk meningkatkan performa,” beber Iriawan.

Pada TC kali ini, timnas melakoni dua pertandingan uji coba. Selepas menghadapi TIRA Persikabo, skuad Garuda selanjutnya akan melawan Bali , Jumat (5/3), di tempat yang sama. (goal.com)

Berita Terkait