Bedah Formasi Timnas Indonesia U-23 di Laga Uji Coba: Evan Dimas Jadi Tumpuan

Melihat peta kekuatan serta formasi yang bakal dipakai saat jalani laga persahabatan kontra Bali United dan Tira Persikabo pada bulan Maret 2021 ini.

Melansir dari laman resmi PSSI, disebutkan bahwa Timnas Indonesia U-23 yang bakal tampil di gelaran bulan November mendatang akan jalani dua laga uji coba bulan ini.

Sempat dijadwalkan menghadapi , namun skuad Garuda Muda dipastikan bakal melawan PS Tira Persikabo pada 3 Maret, serta Bali United dua hari berselang.

Dijelaskan bahwa seluruh pertandingan tersebut berlangsung di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat dan tanpa penonton.

Pelatih Shin Tae-yong mengatakan, dirinya saat ini masih fokus untuk meningkatkan fisik serta performa pemain akibat jeda kompetisi yang terlalu lama.

“Fisik pemain menjadi titik perhatian. Kompetisi yang tidak jalan membuat fisik mereka melempem. Setelah fisik kembali tentu laga uji coba menjadi penting,’’ ujar Shin Tae-yong.

Masih dari laman PSSI, tercatat ada 36 pemain yang dipanggil untuk jalani pemusatan serta melakoni dua laga uji coba pekan ini.

Dari nama-nama tersebut, beberapa merupakan pemain senior seperti , Rizky Pellu serta Rendika. Sejumlah pemain jebolan U-19 yang sempat TC di Kroasia beberapa bulan lalu juga kembali dipanggil seperti duet Braif Fatari dan Irfan Jauhari, hingga Arhan Pratama.

Lantas dengan total 36 pemain tersebut, seperti apakah kemungkinan taktik dan formasi yang bakal dimainkan Shin Tae-yong saat jalani dua laga uji coba nanti?

Berikut INDOSPORT coba mengulas, bedah formasi Timnas Indonesia U-23 di laga uji coba kontra Tira Persikabo dan Bali United.

Melihat dari rekam jejak Shin Tae-yong saat pimpin pemusatan latihan Timnas U-19 di Kroasia beberapa waktu lalu, tampaknya formasi 4-4-2 akan kembali jadi andalan sang pelatih di uji coba nanti.

Jika benar taktik 4-4-2 yang dipakai, Timnas Indonesia U-23 akan memiliki banyak opsi pemain untuk dipasang. Apalagi dengan kedatangan beberapa pemain senior, bakal membuat Shin Tae-yong bebas lakukan eksperimen.

Dari sisi penjaga gawang, Muhammad Riyandi tampaknya jadi pilihan utama lantaran jumlah capsnya bersama Timnas U-23 lebih banyak ketimbang kiper U-23 lain.

Walau ada sosok yang jauh berpengalaman, namun Shin Tae-yong mungkin ingin memaksimalkan potensi pemain U-23 yang bisa tampil di SEA Games.

Nadeo Argawinata jelas punya kualitas, namun untuk laga persahabatan U-23 sepertinya ia cukup berada di bangku cadangan sebagai mentor dan bersiap dengan event yang lebih besar bersama skuad senior.

Untuk sektor pertahanan, duet dan Arhan Pratama sebagai wingback sepertinya akan kembali terjadi. Apalagi kedua pemain tersebut memang tampil gemilang selama TC di Kroasia.

Pada center bek, yang menjabat kapten U-19 selamadi Kroasia kemungkinan bakal bertandem dengan defender tangguh milik Tira Persikabo, Andy Setyo.

Andy Setyo yang punya pengalaman banyak mentas di , akan jadi leader buat para juniornya di lini pertahanan Timnas U-23 serta mengorganisir defensive play saat mendapat serangan.

Naik ke sektor tengah, menumpuknya pemain senior yang dipanggil bakal membuat Shin Tae-yong puas lakukan bongkar pasang di posisi gelandang serta winger.

Namun jika dilihat trek record yang ada, nama Evan Dimas kemungkinan jadi pilihan utama. Selain kaya pengalaman, visi bermain gelandang Persija ini dianggap yang terbaik saat ini.

Evan Dimas diprediksi akan berpartner dengan satu pemain muda, antara Kadek Agung atau Feby Eka. Keduanya merupakan gelandang muda Timnas Indonesia yang kemungkinan jadi pilihan utama di SEA Games 2021 nanti.

Di posisi winger, Osvaldo Haay dan Kushedya Hari Yudo mungkin jadi pilihan pas. Namun mengingat ini adalah laga untuk Timnas U-23, mungkin STY akan lakukan transformasi posisi para pemain.

Irfan Jauhari yang berposisi asli sebagai striker, akan kembali ditempatkan sebagai winger seperti yang pernah ia lakukan bersama Timnas U-19 selama di Kroasia.

Terakhir untuk opsi dua penyerang, Braif Fatari layak jadi pilihan utama jika melihat penampilan memukaunya bersama Timnas U-19. Pemain asal Papua tersebut bakal bertandem dengan Kahar Kalu atau Muhammad Rafli yang sama-sama masih berusia dibawah 23 tahun.

Dilihat dari gaya main, sangat menarik melihat duet Braif Fatari dengan Muhammad Rafli sebagai ujung tombak, apalagi keduanya sama-sama mempunyai ball control yang mumpuni.

Perkiraan Formasi Timnas Indonesia U-23 (4-4-2)
Muhammad Riyandi; Pratama Arhan, Andy Setyo, Rizky Ridho, Bagas Kaffa; Osvaldo Haay, Evan Dimas, Feby Eka, Irfan Jauhari; Muhammad Rafli, Braif Fatari.

Berita Terkait