Miftah Anwar Sani Berangkat Hari Ini, Satu Lagi Pemain Indonesia Merantau ke Eropa

Bek asal Salatiga, Miftah Anwar Sani, bertolak ke Eropa pada hari ini, Sabtu (27/2/2021), untuk bergabung dengan klub asal Bosnia-Herzegovina, FK Sloboda Tuzla.

Hal ini dikonfirmasi langsung oleh sang agen pemain, Aggy Eka Ressy.

Diketahui, Miftah telah resmi direkrut tim kasta tertinggi Liga Bosnia, FK Sloboda Tuzla, setelah sang agen pemain mengumumkan proses transfer di Kedutaan Besar Bosnia-Herzegovina di Jakarta pada Selasa (16/2/2021).

Eks pemain Persita Tangerang itu akan dikontrak FK Sloboda Tuzla hingga Juni 2021.

Setelah itu, baik Aggy maupun Miftah belum memberi tahu tanggal keberangkatan pemain 25 tahun itu ke Eropa karena masih harus menyelesaikan sejumlah dokumen yang belum rampung.

Namun, setelah 10 hari berlalu, tanggal keberangkatan Miftah ke Bosnia terkuak.

Kepada Bolasport.com, sang agen pemain mengatakan bahwa Miftah akan terbang ke Eropa hari ini, Sabtu (27/2/2021).

Perjalanan akan memakan waktu sekitar 21 jam 40 menit, sehingga Miftah diperkirakan sampai di Bosnia-Herzegovina pada Minggu (28/2/2021).

“Iya benar (Miftah berangkat hari ini). Tidak ada karantina, langsung beraktivitas,” ungkap Aggy saat dihubungi Bolasport.com, Jumat (26/2/2021).

Aggy menjelaskan bahwa sesampainya di sana, Miftah tidak perlu menjalani karantina mandiri.

Sebab, pihak pemerintah Bosnia memang tidak menerapkan aturan wajib karantina bagi warga negara asing yang masuk ke negaranya.

Hal tersebut membuat Miftah bisa langsung ikut dalam latihan tim.

Di sisi lain, Miftah sendiri langsung disambut dengan tiga agenda laga dalam lanjutan Liga Bosnia-Herzegovina bersama FK Sloboda Tuzla.

Terdekat, tim berjulukan The Red and Black itu akan bermain pada hari kedatangan Miftah, Minggu (28/2/2021) melawan Sloga Slimin Han.

Kemudian pada 7 Maret melawan FK Olimpic dan 13 Maret melawan Velez.

Ketika ditanya tentang peluang Miftah bermain, Aggy menegaskan bahwa semua keputusan berada di tangan pelatih.

“Kalau itu (peluang debut Miftah) tergantung keputusan pelatih di sana dan seberapa besar Miftah bekerja keras,” tukas Aggy.

Adapun, Miftah Anwar Sani menyusul Amiruddin Bagus Kahfi, Egy Maulana Vikri, Brylian Aldama, dan Witan Sulaeman, yang lebih dulu berkarier di Eropa. (Hugo Hardianto Wijaya/kompas)