Mario Gomez Belum Pimpin Latihan Perdana Borneo FC

Borneo FC akhirnya menggelar latihan perdana tahun ini di Stadion Segiri untuk menyambut bergulirnya turnamen pramusim Piala Menpora 2021 yang direncanakan dimulai pada 20 Maret.

Namun latihan perdana yang berlangsung, Jumat (26/2), ini belum diikuti seluruh pemain, seperti Terens Puhiri dan Diego Michiels. Begitu juga dengan pelatih Mario Gomez. Kendati demikian, rekrutan baru seperti Hendro Siswanto terlihat sudah mengikuti latihan.

Asisten pelatih Ahmad Amiruddin yang dipercaya memimpin latihan menyebutkan, Gomez diperkirakan tiba pada akhir pekan ini. Walau begitu, Gomez masih membutuhkan waktu agar bisa bergabung dengan tim.

Amir mengatakan, meski Gomez tidak memimpin latihan, staf pelatih tidak mengalami kendala dalam menjalankan program. Menurutnya, Gomez telah memberikan program mengenai kegiatan tim dalam satu pekan ke depan.

“Kemungkinan dia besok (Sabtu) tiba. Tapi dia harus dikarantina dulu di Jakarta, paling cepat lima hari. Tapi program tetap dari dia, kami sering berkomunikasi. Dia sudah memberikan program untuk seminggu,” ujar Amir melalui kanal YouTube resmi klub.

Secara keseluruhan, Amir cukup puas dengan kondisi kebugaran pemain. Meski tidak menjalani aktivitas latihan normal dalam rentang waktu cukup lama, kebugaran pemain tidak terlalu merosot.

“Kami puas dengan [kebugaran] anak-anak. Artinya selama masa libur, mereka masih aktif [menjaga kebugaran],” ucap Amir.

Dalam latihan perdana ini, tim pelatih belum memberikan materi latihan yang berat kepada pemain. Amir menjelaskan, staf pelatih masih ingin mengembalikan kondisi penggawa Pesut Etam.

“Sama seperti biasa, kalau di latihan perdana masih berupa adaptasi. Dalam artian pemain hanya menjalani latihan ringan untuk mengembalikan kondisi mereka. Untuk latihan fisik sebagai awal latihan setelah lama tak ada aktivitas, kemungkinan awal pekan depan kami lakukan,” beber Amir.

Piala Menpora merupakan turnamen yang diikuti seluruh klub Liga 1. Awalnya PSSI ingin menyertakan dua klub Liga 2, yakni PSMS Medan dan Sriwijaya FC, namun akhirnya dibatalkan.

Turnamen ini diharapkan bisa menjadi gambaran penerapan protokol kesehatan ketika Liga 1 2021 digulirkan. Kompetisi sepakbola antarklub tertinggi di Indonesia ini direncanakan bakal digelar pada Juni. (goal.com)