Hadapi Piala Menpora 2021, Skuad Persib Dikumpulkan Akhir Pekan Ini

Persib Bandung akan memulai persiapan menghadapi Piala Menpora 2021 pada awal Maret mendatang.

Pelatih Persib, Robert Rene Alberts mengatakan, seluruh pemain dalam skuad klub berjulukan Maung Bandung itu sudah diminta untuk kembali ke Bandung.

Menurut Alberts, sebagian besar pemain sudah tiba di Bandung pada Jumat (26/02/2021). Pada Sabtu (27/2/2021), para pemain, pelatih, dan staf tim Persib akan dikumpulkan di Graha Persib, Kota Bandung.

Dalam kesempatan tersebut, seluruh elemen tim Persib akan menjalani tes PCR dan antigen. Tujuannya, untuk memastikan diri mereka terbebas dari Covid-19.

“Ada banyak hal yang perlu dipersiapkan sebelum kembali berlatih. Sekarang waktunya bagi pemain untuk kembali, kebanyakan pemain dari beberapa tempat di Indonesia akan tiba hari Jumat,” kata Alberts kepada wartawan, Jumat (26/02/2021).

“Dalam pertemuan hari Sabtu, manajemen juga akan menyampaikan terkait kontrak, lalu tentang apa yang akan dilakukan oleh tim dalam persiapan menuju Liga,” imbuh pelatih 66 tahun itu.

Kendati demikian, tidak semua pemain bisa langsung bergabung bersama tim. Dua pemain asing Persib, Nick Kuipers dan Wander Luiz, kemungkinan terlambat tiba di Bandung.

Kuipers baru akan terbang dari Belanda menuju Bandung pada Sabtu (27/2/2021). Dia dijadwalkan tiba pada Minggu (28/2/2021).

Hanya saja, Kuipers tidak bisa langsung pergi ke Bandung. Dia harus terlebih dahulu menjalani isolasi mandiri selama lima hari di Jakarta.

“Nick akan meninggalkan Belanda di hari Sabtu karena Belanda menerapkan sejumlah prosedur sebelum seseorang pergi keluar negeri yang sekarang mulai membuka jalur bepergian internasional,” ungkap Alberts.

“Itu artinya dia (Kuipers) akan tiba di Jakarta di hari Minggu, tapi setelah itu dia harus menjalani isoman selama 5 hari, sehingga baru bisa bergabung dengan tim seminggu setelahnya,” sambung dia.

Adapun Luiz, Alberts belum bisa memprediksi jadwal keberangkatannya ke Indonesia. Pasalnya, pemain asal Brasil itu masih harus mengurusi sejumlah dokumen untuk bisa berangkat ke Indonesia.

“Luiz yang berada di Brasil, belum bisa pergi ke Indonesia karena dokumen bepergiannya belum siap. Jadi, dia akan menyusul kemudian, tapi para pemain lokal sudah siap untuk hadir pada pertemuan di hari Sabtu,” ujar Alberts.

Kuipers dan Luiz masuk dalam proyeksi pemain dalam skuad Persib di Piala Menpora 2021. Kemungkinannya dalam turnamen pramusim itu, Maung Bandung hanya akan mengandalkan dua pemain asing.

Sebab, satu pemain asing Persib lainnya, Geoffrey Castillion masih menjalani masa peminjaman di klub Serie C Italia, Como 1907.

Dikatakan Alberts, Castillion baru akan bergabung bersama tim Persib pada Juni 2021, setelah masa peminjamannya berakhir.

“Como menargetkan masuk ke babak play-off agar promosi ke Serie B Italia. tapi jika mereka gagal masuk babak play-off, Geoffrey bisa kembali lebih cepat. Mungkin sekitar Mei dia sudah bisa bergabung,” tutur Alberts.

Pelatih berkebangsaan Belanda bersyukur karena dengan adanya Piala Menpora 2021, aktivitas sepak bola profesional Indonesia bisa kembali menggeliat. Kompetisi sepak bola Indonesia mengalami hiatus selama hampir satu tahun.

Terhitung, sejak pertengahan Maret 2020 kompetisi terpaksa dihentikan karena wabah virus corona. Alberts mengatakan, Piala Menpora adalah harapan dari kembali bergulirnya kompetisi sepak bola profesional Indonesia.

“Apa yang paling penting bagi pemain dan ofisial saat ini adalah kita tahu kita bisa memulai latihan lagi Kita bekerja di bidang sepak bola dan sudah selama satu tahun kita tidak bisa bekerja,” ungkap Alberts.

“Kita punya satu harapan ketika memulai latihan nanti kita memiliki sinyal positif tentang Liga 2021-22 yang akan bergulir di waktu mendatang tahun ini. Itu menjadi motivasi kami untuk mulai latihan nanti,” tegas dia. (kompas)