Menpora: Laga Timnas Indonesia vs Selebritis FC Jangan Dianggap Serius

Rencana laga persahabatan antara timnas Indonesia dan Selebritis FC menuai respons negatif dari netizen, Menpora RI, Zainudin Amali, memberi komentar.

Timnas Indonesia proyeksi SEA Games 2021 dikabarkan bakal melakoni laga persahabatan melawan Selebritis FC, tim sepak bola yang dihuni kalangan artis dan campuran atlet profesional.

Itu setelah Raffi Ahmad, anggota Selebritis FC, menggelar pertemuan dengan PSSI beberapa waktu lalu.

Yang terbaru, pada Rabu (24/2/2021), Raffi Ahmad menyambangi Kantor Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

Raffi yang didampingi pemain Persita Tangerang, Hamka Hamzah, dan Wakil Ketua Umum PSSI, Iwan Budianto, mengutarakan komitmen dari kalangan selebriti untuk membantu terselenggaranya kompetisi sepak bola Indonesia.

Raffi juga membeberkan rencana Selebritis FC untuk menggelar laga amal sekaligus untuk mengampanyekan nonton sepak bola di rumah saja.

Rencana tersebut ditanggapi positif oleh Menpora RI, Zainudin Amali. Meski laga persahabatan timnas Indonesia vs Selebritis FC banyak menuai kritik di media sosial, namun Zainudin meminta acara tersebut tak dianggap terlalu serius.

“Urusan teknisnya ada di PSSI, nanti mereka yang akan mempertimbangkan. Sebenarnya jangan dilihat pertandingan ini dengan serius-serius amat, namanya juga selebriti dicampur dengan atlet profesional,” ujar Zainudin Amali kepada pewarta.

“Tujuannya itu untuk kampanye sebenarnya, kampanye cara menonton sepak bola di era pandemi seperti sekrang ini. Jadi, jangan dilihat kualitas pertandingannya,” tutur Zainudin.

Kampanye menonton di rumah saja akan mulai diterapkan di gelaran Piala Menpora 2021. Hal ini dinilai penting untuk mendapatkan izin menggelar kompetisi.

Pasalnya, pihak kepolisian bisa sewaktu-waktu mencabut izin jika ada yang melanggar protokol kesehatan selama Piala Menpora 2021 bergulir.

Selain itu, agenda laga persahabatan yang digelar Selebritis FC itu juga memiliki tujuan mulia untuk membantu sesama dengan berdonasi.

“Bisa jadi lima menit ada pemain yang keluar, lalu masuk lagi. Ya seperti itulah. Jangan dianggap yang serius begitu pertandingan ini. Bahkan saya diminta ikut main juga,” Zainudin mengatakan.

“Pertandingan persahabatan dan juga ada charity-nya, mengumpulkan donasi untuk disumbangkan kepada para atlet. Nanti kita lihat saja,” tutur dia.

PSSI selaku pihak yang diberi kewenangan untuk menggelar turnamen pramusim melakukan berbagai upaya untuk mematuhi protokol kesehatan.

Selain kampanye menonton dari rumah, PSSI juga melarang acara nonton bareng (nobar) yang bisa menimbulkan kerumunan. (sumber: skor.id)