PT LIB Mulai Rancang Turnamen Pramusim Liga 2

PT Liga Indonesia Baru (LIB) mulai menyusun juga ajang Pramusim klub-klub Liga 2. Operator kompetisi mau memfasilitasi ajang pemanasan klub kasta kedua.

Sempat muncul kesan bahwa pengurus sepakbola dalam negeri cuma memikirkan klub-klub Shopee Liga 1. Apalagi, PSMS Medan dan Sriwijaya FC dari Liga 2, batal diikutsertakan di Piala Menpora 2021.

Saat mencoret PSMS dan Sriwijaya, PT LIB berjanji juga akan membuatkan turnamen pramusim buat klub Liga 2. Jadi, nantinya PSMS dan Sriwijaya tampil di sana bersama peserta Liga 2 lainnya.

“Kami mendengar semua itu (protes dari Liga 2). Ada juga masukan lewat WhatsApp grup atau secara pribadi ke saya menyampaikan itu,” kat Direktur Utama PT LIB Akhmad Hadian Lukita kepada wartawan.

“Kami sekarang mewacanakan untuk menggelar pramusim untuk klub Liga 2. Sudah kami diskusikan, tapi baru diskusi awal,” ujarnya.

Yang menjadi soal, ada anggapan bahwa penyelenggaraan turnamen buat klub Liga 2 kurang menjual ke sponsor. Masih banyak lagi pertimbangan lainnya untuk benar-benar menyukseskan gelaran pramusim Liga 2.

Tapi PT LIB yakin Liga 2 punya pasarnya tersendiri. Apalagi, fanatisme suporter ke klub-klub Liga 2 juga tak kalah dibandingkan dengan Shopee Liga 1.

“Perlu perhitungan matang. Mulai dari soal biaya, sponsornya siapa saja, dan pendistribusian tayangannya lewat televisi apa. Liga 2 ini ada nilai tersendiri. Suporter juga banyak. Tinggal bagaimana cara mengemasnya saja,” tutur Lukita.

“Sulit atau tidaknya itu harus diukur dulu. Kesulitannya di mana. Mungkin selama ini kita belum mengukur. Jangan-jangan malah kami yang belum promosi maksimal,” ucapnya.

Sejauh ini baru PSSI dan PT LIB baru mendapatkan izin penyelenggaraan Piala Menpora. Masalah rekomendasi Polri akan diurus lagi untuk menyelenggarakan pramusim Liga 2. (detiksport)