Disanksi FIFA, PSM Makassar Terancam Ditinggal Pemain

Kerugian demi kerugian terus menghantui PSM Makassar pasca dijatuhi sanksi berat oleh FIFA, selaku federasi sepak bola dunia jelang bergulirnya Liga 1 2021.

Tak hanya larangan mendaftarkan rekrutan baru selama tiga periode transfer atau hingga awal 2023 mendatang, terdapat satu ancaman berat lagi yang bisa berakibat fatal.

Sebagian besar pemain yang telah memperkuat Pasukan Ramang sejak awal musim 2020 lalu dan masih bertahan hingga detik ini, bakal berstatus bebas transfer pada Maret 2021 nanti.

Sehingga pemain yang berstatus bebas transfer nanti akan dianggap sebagai rekrutan anyar dalam sistem pendaftaran PT Liga Indonesia Baru (LIB) andai mendapat perpanjangan kontrak.

Dari data yang diperoleh INDOSPORT, hanya Wiljan Pluim (Desember 2024), Ezra Walian (September 2022), dan Ferdinand Sinaga (Desember 2021) yang masih menyisakan kontrak.

Dengan situasi seperti itu, juara Liga Indonesia musim 1999/2020 tersebut terancam ditinggal oleh banyak pemain menjelang bergulirnya Liga 1 2021 pada Juni mendatang.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Red Gank (kelompok suporter PSM Makassar), Sadakati Sukma, yang khawatir dengan kondisi klub kebanggannya saat ini pun angkat bicara.

“Konsekuensi terburuknya adalah PSM tentu akan kehilangan para pemain bintangnya yang masih ada sekarang,” ungkap Sadakati Sukma kepada awak INDOSPORT.com, Selasa (23/02/21).

Adapun sejumlah pemain bintang yang berpeluang besar dicaplok klub lain antara lain ialah Bayu Gatra, Yakob Sayuri, Miswar Saputra, Rizky Pellu, Firza Andika, hingga wonderkid Rizky Eka Pratama. (indosport)