Persebaya Bakal Ajak Bonek Bersinergi Sukseskan Piala Menpora 2021

Persebaya Surabaya bakal berkoordinasi dengan suporter mereka, Bonek, untuk membuat sukses turnamen Piala Menpora 2021.

Manajemen Persebaya Surabaya menerangkan seluruh pihak punya porsi tanggung jawab masing-masing untuk menjamin kelanjutan sepak bola Indonesia.

“Sebetulnya, seperti yang dikatakan Polri ini kan bertahap. Apabila evaluasi pramusim bagus, kompetisinya akan dapat izin juga. Jadi, ini sebenarnya pekerjaan bersama dengan porsi masing-masing,“ tutur sekretaris tim, Ram Surahman kepada KOMPAS.com.

Ram Surahman mengungkapkan Bonek sedikit banyak sudah memahami tugas dan tanggung jawab sebagai suporter.

Manajemen sempat melakukan koordinasi kecil untuk membahas sinergi antara klub dan suporter dalam turnamen nanti.

Apalagi, perwakilan pendukung setia Bajul Ijo tersebut juga mendapatkan kesempatan ikut rapat virtual bersama PSSI dan Menpora beberapa waktu lalu.

Rencananya, koordinasi yang lebih serius akan dilakukan kembali saat rincian Piala Menpora 2021 dirilis oleh pihak penyelenggara.

“Tinggal kita nanti berkoordinasi lagi ketika sudah tahu detailnya seperti apa,” ucap pria asal Gresik tersebut.

“Kan sudah ada peringatan apabila suporter bertindak melebihi batas, imbasnya kepada klub. Entah pengurangan poin atau sanksi lainnya, wacananya kan seperti itu.”

“Ya, nanti teknisnya seperti apa akan kembali dikoordinasikan dengan teman-teman. Namun, secara garis besarnya semua sudah tahu. Turnamen ini tanpa penonton, dilarang ke stadion, nobar juga dilarang.”

“Kalaupun nanti umpamanya ada keberatan di sana kami akan kembali pada pertimbangan kesehatan dan keselamatan. Jadi, tanpa ada himbauan seperti itu pun kita kan sebetulnya ada larangan berkerumun,” pungkasnya. (Kompas)