Pembagian Grup Piala Menpora Tidak Benar, Kemungkinan Akan Didrawing Ulang

Pembagian grup Piala Menpora 2021 yang beredar di media sosial tidak benar. PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator turnamen pramusim itu membuka peluang untuk menggelar pengundian ulang.

Wakil Direktur PT Sriwijaya Optimis Mandiri (SOM), Hendri Zainuddin selaku manajemen Sriwijaya FC mengunggah dua versi pembagian grup Piala Menpora dalam satu foto di akun Instagramnya, @hendrizainuddin pada Kamis (18/2/2021).

Dua model pembagian grup Piala Menpora itu baru sebatas konsep dari PT LIB sebagai bahan paparan kepada kepolisian dalam pertemuan beberapa waktu lalu. Praktis, pembagian grup tersebut masih bisa berubah.

“Tentu nanti akan diputuskan dalam rapat bagaimana menentukan pembagian grup turnamen pramusim,” kata Direktur Utama PT LIB, Akhmad Hadian Lukita, kepada Bola.com, Kamis (18/2/2021).

Lukita mengatakan, pembagian grup Piala Menpora akan ditentukan setelah PT LIB melakukan rapat dengan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali. Pihaknya juga berencana memisahkan tim dengan rekam jejak rivalitas seperti Persija Jakarta dan Persib Bandung.

“Kami membuat klub yang punya rivalitas untuk menempati grup yang berbeda dengan pertimbangan cukup matang. Oleh karena itu, nanti semuanya akan kami putuskan di rapat dengan Menpora,” jelas Lukita.

Diikuti oleh 20 Klub

Piala Menpora direncanakan akan bergulir pada 20 Maret – 25 April 2021. Turnamen bakal diikuti oleh 20 tim dengan rincian 18 peserta Liga 1 dan dua klub Liga 2 2021.

Dua klub Liga 2 yang beruntung dapat mengikuti Piala Menpora adalah Sriwijaya FC dan PSMS Medan.

Adapun, Piala Menpora akan digelar di empat kota. Saat ini, lima daerah tengah bertarung untuk menjadi tuan rumah yakni Palembang, Bandung, Sleman, Solo, dan Malang.

Piala Menpora bakal menjadi tolok ukur bagi kepolisian untuk memberikan izin bagi Liga 1 2021. Jika penerapan protokol kesehatan berjalan sukses, kompetisi bisa digulirkan.

2 Versi Pembagian Grup Piala Menpora

Versi 1

Grup A (Solo): Bali United, PSM Makassar, Bhayangkara Solo FC, Persita Tangerang, Persela Lamongan
Grup B (Bandung): Persib Bandung, Madura United, Borneo FC, Persik Kediri, Persebaya Surabaya
Grup C (Sleman): Persija Jakarta, PSS Sleman, Persipura Jayapura, Persiraja Banda Aceh, PSMS Medan
Grup D (Malang): Arema FC, PSIS Semarang, Barito Putera, Persikabo, Sriwijaya FC

Versi 2

Grup A (Solo): Persija Jakarta, PSIS Semarang, Bhayangkara Solo FC, Persikabo, Bali United
Grup B (Malang): Arema FC, PSS Sleman, Persipura Jayapura, Persiraja Banda Aceh, PSMS Medan
Grup C (Bandung): Persib Bandung, PSM Makassar, Borneo FC, Persik Kediri, Madura United
Grup D (Palembang): Persebaya Surabaya, Persela Lamongan, Barito Putera, Persita Tangerang, Sriwijaya FC