PT LIB Ungkap Titel Piala Menpora, Ide dari Ketua Umum PSSI

Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB) Akhmad Hadian Lukita membenarkan jika turnamen pramusim yang akan digelar Maret 2021 akan bernama Piala Menpora.

Lebih lanjut Hadian mengatakan, bahwa pihaknya baru mendapatkan kabar soal penamaan turnamen pramusim itu dalam satu pekan terakhir.

“Iya benar, nama turnamen pramusim untuk Liga 1 nanti adalah Piala Menpora,” kata Hadian kepada wartawan, Kamis (18/2/2021).

“Saya menerima kabar ini kurang lebih sepekan terakhir dan yang mengusulkan adalah PSSI.”

PSSI dan PT LIB berencana menggelar turnamen pramusim sebagai persiapan tim jelang Liga 1 bergulir.

Ajang ini sekaligus simulasi penerepan protokol kesehatan ketat di pertandingan sepak bola.

Rencananya, turnamen ini akan digelar pada Maret 2021 dan akan diikuti oleh 20 peserta yang berisikan 18 tim Liga 1 dan dua dari Liga 2.

Sementara itu, terkait dengan penamaan turnamen pramusim Piala Menpora, Akhmad Hadian Lukita tidak bisa menjelaskan secara rinci.

Hal ini dikarenakan sejumlah titel turnamen yang diusulkan tersebut merupakan ide dari Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan.

“Kalau alasannya, kami tidak tahu. Kami dari PT LIB hanya menjalankan perintah dari regulator saja,” ujar Akhmad Hadian Lukita.

“Karena posisinya di sini, kami operator jadi tinggal ikut saja,” ucapnya menambahkan.

Sebelumnya, kabar terkait dengan Piala Menpora ini datang dari Sekretaris Menteri Pemuda dan Olahraga (Sesmenpora) Republik Indonesia, Gatot S Dewa Broto.

Ia menjelaskan bahwa pihaknya sudah mendapatkan surat untuk nama turnamen pramusim tersebut dan benar namanya Piala Menpora.

Sejauh ini dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Republik Indonesia tidak masalah dengan penamaan tersebut.

Menurut Gatot S Dewo Broto, semua bisa dilaksanakan asalkan PSSI dan PT LIB sudah mendapatkan izin dari Kepolisian Republik Indonesia (Polri). (Skor.id)