Fokus Fisik, Timnas Indonesia Belum Rencanakan Uji Coba

Timnas Indonesia belum memiliki agenda uji coba untuk tahun 2021, saat ini Garuda masih berada di Jakarta untuk melaksanakan pemusatan latihan yang berlangsung hingga 5 Maret mendatang.

Sudah lama timnas tidak melakukan pertandingan, karena pandemi virus corona. Jadwal internasional resmi seperti Kualifikasi Piala Dunia 2022 pun belum pasti kapan bisa dilanjutkan.

Yunus Nusi selaku pelaksana tugas sekretaris jenderal PSSI membeberkan, bahwa pihaknya juga belum menerima permohonan uji coba dari pelatih Shin Tae-yong, karena masih fokus urusan fisik.

“Uji coba belum ada, jadwalnya masih disusun oleh coach Shin Tae-yong. Untuk saat ini Shin Tae-yong masih fokus melakukan pembenahan terhadap fisik para pemain,” ungkap Yunus ketika dihubungi.

Fisik memang menjadi fokus Tae-yong pada TC ini karena seluruh pemain timnas dalam kondisi yang kurang optimal lantaran tidak ada kompetisi selama hampir setahun, sejak Maret tahun lalu.

Pelatih asal Korea Selatan itu menyebut bahwa kondisi pemain dalam hal fisik mungkin baru 30 persen, dan tentu hal tersebut menjadi pertimbangan mengapa uji coba belum bisa direncanakan Tae-yong.

PSSI melalui Mochamad Iriawan selaku ketua umum mengatakan beberapa waktu lalu, bahwa ada kemungkinan untuk membawa timnas melaksanakan TC di Dubai, Uni Emirat Arab, setelah Hari Raya Idulfitri.

Menanggapi hal tersebut, Tae-yong sendiri masih belum yakin karena situasi pandemi virus corona masih terjadi di seluruh belahan dunia, dan tentunya hal tersebut membuat segala rencana jadi tidak sederhana.

Saat ini sebanyak 36 pemain masuk daftar TC timnas Indonesia di Jakarta, namun terjadi perubahan nama karena beberapa pemain tidak bisa ambil bagian. Ada juga yang belum hadir, karena urusan penerbangan.

TC di Jakarta merupakan persiapan timnas menghadapi SEA Games 2021 di Vietnam, November nanti. Indonesia ditargetkan mendapat medali emas pada ajang tersebut, sesuai arahan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali.

SEA Games menjadi salah satu agenda timnas yang masih direncanakan bergulir pada tahun ini. Sementara lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022 masih belum ditetapkan dan kemungkinan kembali diundur. Ada pun, timnas juga bakal tampil di Piala AFF pada pengujung tahun ini. (Goal.com)