Umuh Muchtar Optimistis Kompetisi Musim 2021 Bergulir

Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat (PBB) Umuh Muchtar merasa optimistis kompetisi sepak bola di Indonesia bisa bergulir kembali setelah dihentikan sejak pertengahan Maret 2020.

Pria yang akrab disapa Pak Haji ini juga optimistis, dengan berbagai pertimbangan pihak Kepolisian akan memberikan izin agar kompetisi sepak bola di Indonesia bergulir kembali.

PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) terus berusaha agar bisa menggelar kembali kompetisi sepak bola. Salah satunya dengan bertemu dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Polri, Gugus Tugas Covid-19 (BNPB), dan KONI di kantor Kemenpora, Senayan, Jakarta, Rabu (10/02/2021).

Pada kesempatan tersebut, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan memaparkan protokol kesehatan untuk pelaksanaan kompetisi Liga 1 dan Liga 2 2021.

“Saya optimistis, yakinlah dari Kepolisian bisa menilai dan melihat karena di luar negeri juga kompetisi sudah berjalan. Dengan kebijakan dari polisi juga, insya Allah, saya yakin kepolisian bisa memberikan kebijakan,” kata Umuh.

Mantan manajer Persib Bandung ini menuturkan, semua pihak harus berupaya agar kompetisi bisa bergulir kembali dengan lancar dan aman di tengah pandemi corona atau Covid-19, salah satunya dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

“Sama-samalah ya kita, jadi tidak perlu kita saling menyalahkan si A, si B. Tapi tinggal kita me-manage bagaimana supaya kita bertandingnya (aman dan lancar),” ucap Umuh.

Selain itu, pria yang turut mengantarkan Persib meraih gelar juara Indonesia Super League (ISL) 2014 sebagai manajer ini berharap dan berdoa agar pandemi corona ini bisa segera berakhir, agar aktivitas masyarakat dan olahraga dapat berjalan dengan normal seperti sebelumnya.

“Mudah-mudahan pandemi cepat selesai, covid cepat hilang agar kita bisa lebih aman ya,” kata Umuh berharap.

Beberapa waktu lalu, beredar jadwal Liga 1 uang akan dimulai pada 11 Juni 2021. Sementara itu, Liga 2 akan kickoff pada 26 Juni 2021.

Terkuaknya jadwal Liga 1 dan Liga 2 serta wacana turnamen pramusim tertera dalam presentasi PSSI dan PT LIB bersama Menpora, Polri, Satgas Covid-19 serta KONI beberapa hari lalu.

Dalam presentasi tersebut, turnamen pramusim akan menjadi pembuka sebelum dilaksanakannya Liga 1 maupun Liga 2. Turnamen pramusim rencananya akan digelar pada 20 Maret 2021 dan diikuti 20 tim.