Irfan Jauhari dan 4 Sayap Berbahaya Timnas Indonesia Untuk SEA Games 2021

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, memanggil 36 nama untuk pemusatan latihan proyeksi SEA Games 2021 di Jakarta pada 8-28 Februari 2021. Lima pemain di antaranya berposisi sebagai winger.

Irfan Jauhari menjadi winger yang mendapat kepercayaan Shin Tae-yong dalam pemusatan latihan Timnas Indonesia. Pemain Bali United itu mendapatkan tiket promosi dari Timnas Indonesia U-19.

Irfan Jauhari merupakan pemain multifungsi. Selain dapat bermain melebar, winger berusia 20 tahun itu juga bisa diplot sebagai penyerang.

Peran penyerang pernah dilakoni Irfan Jauhari semasa pemusatan latihan Timnas Indonesia U-19 di Kroasia pada Agustus-Oktober 2020.

Dimainkan dalam dua posisi itu, Irfan Jauhari selalu memberikan penampilan yang terbaik. Pantas saja pemain kelahiran Ngawi, Jawa Timur itu diberikan kesempatan oleh Shin Tae-yong untuk naik kelas ke Timnas Indonesia.

Sebagai winger, Irfan Jauhari biasa dimainkan di sisi kiri. Dengan kaki kanannya, ia bisa menusuk ke tengah lapangan atau beradu lari dengan pemain lawan.

Selain Irfan Jauhari, berikut empat winger lainnya yang menghuni Timnas Indonesia proyeksi SEA Games 2021 saat ini:

Miftahul Hamdi

Hampir empat tahun Miftahul Hamdi absen berbaju Timnas Indonesia. Winger Persiraja Banda Aceh itu harus berterima kasih kepada pelatih Shin Tae-yong yang memberikan kepercayaan kepadanya.

Miftahul Hamdi terakhir kali memperkuat Timnas Indonesia pada Desember 2017 pada turnamen Tsunami Cup di kampung halamannya, Aceh. Kembali diberikan kesempatan, pemain berusia 25 tahun itu tidak ingin menyia-nyiakannya.

“Yang jelas, saya harus selalu fokus, disiplin, dan bekerja keras,” kata Miftahul Hamdi dinukil dari laman PSSI.

Miftahul Hamdi mengaku enjoy dilatih oleh Shin Tae-yong. Dia berjanji berlatih sebaik mungkin demi menjaga posisinya di Timnas Indonesia

“Saya menikmati latihan pertama bersama Timnas Indonesia. Pelatih Shin Tae-yong memberikan sejumlah arahan kepada kami agar terus lebih baik. Saya pun bertekad memberikan yang terbaik pada pemusatan latihan kali ini,” jelasnya.

Miftahul Hamdi merupakan winger berteknik tinggi. Kecepatannya tak di atas rata-rata, namun mantan pemain Bali United itu punya keunggulan dalam menggiring bola dan melewati lawan.

Yakob Sayuri

Nama Yakob Sayuri telah mencuat sejak membela Barito Putera pada 2019. Namun, sosoknya kian dikenal masyarakat luas setelah memperkuat PSM Makassar pada 2020.

Winger berusia 23 tahun itu punya skill tinggi sebagai pemain sayap. Dia juga punya senjata lain yaitu kecepatan.

Saat berbaju PSM ini, Yakob Sayuri dihadiahi panggilan ke Timnas Indonesia oleh Shin Tae-yong. Dia harus bekerja keras jika tidak ingin tereleminasi dari persaingan ketat di posisi winger.

Feby Eka Putra

Feby Eka Putra bukan nama baru di Timnas Indonesia. Dia rutin dipanggil sejak 2019. Namun, pemain Arema FC ini kerap tersisihkan karena kalah bersaing.

Kali ini, Feby Eka diberikan kesempatan oleh Shin Tae-yong kembali ke Timnas Indonesia. Dia adalah winger eskplosif berteknik tinggi.

Feby Eka dikenal dengan keahliannya melewati pemain lawan. Namun, mantan pemain Persija Jakarta itu punya kelemahan besar dalam segi pengambilan keputusan.

Contoh kecilnya, ia masih mudah kehilangan bola karena setelah menggocek pemain lawan. Dia perlu memperbaiki itu agar permainannya kian matang.

Osvaldo Haay

Kualitas Osvaldo Haay tidak perlu diragukan lagi. Namun, ia kerap indisipliner. Winger Persija Jakarta itu tidak kunjung datang ke pemusatan latihan kali ini.

Pada dua pemusatan latihan sebelumnya, Osvaldo Haay juga dikabarkan tidak memenuhi panggilan Shin Tae-yong dengan berbagai alasan.

Osvaldo Haay adalah winger Timnas Indonesia paling menjanjikan saat ini. Dia adalah pemain tersubur di SEA Games 2019 bersama penyerang Vietnam, Ha Duc Chinh dengan sembilan gol.

Selain menjadi winger, Osvaldo Haay juga pandai menjadi penyerang lubang atau false nine. Peran itu dipercayakan kepadanya ketika Timnas Indonesia U-22 meraih medali perak SEA Games dua tahun lalu. (bola.com)