PT LIB Ajukan Izin Keramaian ke Polisi Untuk Turnamen Pram Musim, Liga 1, dan Liga 2

Direktur operasional PT Liga Indonesia Baru (LIB), Sudjarno, mengatakan ada tiga agenda sepakbola yang diajukan pihaknya ke kepolisian. Salah satunya turnamen pramusim.

Adapun turnamen pramusim ini berlangsung sebelum Shopee Liga 1 dan Liga 2 2021 digulirkan. Rencananya mulai 20 Maret hingga 25 April di empat kota yaitu Solo, Sleman, Magelang, dan Semarang.

“Ada tiga agenda yg diajukan, pramusim, Liga 1 dan Liga 2. Konsentrasi ke pramusim dulu, karena kondisi klub juga dalam kondisi belum ada pemain, ada yang bubar, hingga turnamen ini memberikan kesempatan klub untuk bisa mempersiapkan diri,” kata Sudjarno kepada pewarta.

“Untuk itu, kami juga bermohon agar satu bulan sebelum pertandingan bisa dapat kepastian agar para klub dapat mempersiapkan tim,” kata Sudjarno kepada pewarta.

“Tapi kami mendapat masukan untuk melengkapi jadwal dulu serta tempat pertandingannya. Nanti kami ajukan, proses dari Mabes, jika ada sinyal izin hijau, maka kita bisa langsung komunikasi dengan klub.”

Sudjarno sekaligus menjelaskan bahwa PT LIB akan menerapkan aturan yang diterapkan lebih fleksibel, terutama soal kontrak pemain.

“Regulasi di turnamen ini agak lebih soft lah. Artinya, tidak perlu ada kontrak misalnya, tapi (tetap) ada perjanjian untuk kontrak musim kompetisinya. Jika hal ini berjalan mulus, maka insya Allah semuanya berjalan mulus,” tuturnya.

Menukil paparan PSSI dan PT LIB dalam rapat koordinasi pada Rabu (10/2/2021), diketahui bahwa Liga 1 rencananya akan digulirkan 11 Juni 2021 hingga 22 Maret 2022 dengan format kompetisi penuh home dan away. Dengan jumlah 306 pertandingan, 34 match perminggu (9 pertandingan).

Sedangkan Liga 2 akan berlangsung 26 Juli sampai 27 November 2021 dengan format 24 klub dibagi wilayah. Akan ada 264 pertandingan, masing-masing grup ada 22 match week. (detik.com)