Persebaya Siap Bantu PSSI dan PT LIB Jaga Kepercayaan Polri

dan mulai mengambil langkah konkret untuk mendapatkan kepercayaan Kepolisian RI terkait izin penyelenggaraan kompetisi 2021.

Didukung oleh Kemenpora, PSSI mendapatkan kesempatan bicara dua arah dengan Polri dan Satgas Penanganan Covid-19, Rabu (10/02/2021) pagi.

Federasi melakukan presentasi rancangan kompetisi musim 2021 lengkap dengan protokol kesehatannya kepada otoritas keamanan dan kesehatan.

Pada akhirnya, rapat koordinasi tersebut belum mengeluarkan putusan.

Namun, otoritas kesehatan dan keamanan memberikan apresiasi dan bakal mempertimbangkan pemaparan yang dilakukan PSSI dan PT .

Surabaya pun memberikan apresiasi kepada PSSI dan Kemenpora atas tindakan konkret mereka.

Tim berjuluk Bajul Ijo tersebut juga siap membantu menjaga kepercayaan yang diberikan Polri nantinya.

“Ya bagus, yang terpenting segera disiapkan dan disosialisasikan kepada klub. Dilakukan secara ketat karena itu menyangkut kepercayaan,” kata sekretaris tim, Ram Surahman kepada KOMPAS.com.

Ram Surahman juga tidak keberatan pihak Polri kemudian memberikan berbagai persyaratan dan sanksi pelanggaran.

Syarat dan sanksi merupakan bagian untuk menjaga kepercayaan yang diberikan.

Pemaparan yang jelas serta detail peraturan dan sanksi mengikat bisa disesuaikan di lapangan.

“Jadi, harus dirumuskan dengan benar, peserta kompetisi benar-benar diberikan pemahaman seperti ini loh prokesnya. Agar nanti kami punya standar dalam menjalankan panduan,” imbuhnya.

Persebaya Surabaya pun siap mendukung penuh wacana PSSI dan PT LIB menggelar turnamen sebagai test case atau supaya otoritas keamanan dan kesehatan semakin yakin bahwa sepak bola bisa berjalan dengan aman di tengah pandemi.

Namun, Ram mengingatkan kembali supaya PSSI dan PT LIB tidak sampai keluar jalur karena terlalu bersemangat.

“Ya, sebetulnya banyak sekali rencana yang disusun LIB maupun PSSI. Namun, jangan sampai banyaknya rencana itu melupakan persoalan utama yaitu soal izin.” tutur pria asal Gresik.

“Bahwa nanti kalau izin sudah didapat tentu mudah sekali untuk membuat agenda lain.”

“Jadi sekarang fokus izin dituntaskan. Kalau nanti semua sudah beres kami akan selalu mendukung agenda apa yang telah direncanakan PSSI maupun LIB,” pungkasnya. (Kompas)

Berita Terkait