Shin Tae-yong tolak sesumbar soal emas SEA Games 2021

Pelatih tim nasional menolak untuk sesumbar soal target medali emas SEA Games 2021 oleh .

“Saya tidak bisa bilang kami pasti meraih emas. Tujuan kami adalah bermain maksimal,” ujar Shin di Kompleks Gelora Bung Karno, Jakarta, Rabu.

Menurut pria asal Korea Selatan itu, yang bisa dilakukannya saat ini adalah mempersiapkan tim sebaik mungkin.

Dia merasa yakin dengan potensi para pemainnya meski, di sisi lain, Shin menilai anak-anak asuhnya masih jauh dari cukup terutama soal kualitas fisik dan mental.

“Kemampuan para pemain Indonesia tidak kalah dengan pemain Asia lainnya. Namun, mereka masih kurang dari sisi fisik dan mental sehingga kami perlu meningkatkannya agar pemain mencapai level atas,” kata juru taktik timnas Korea Selatan di 2018 itu.

PSSI memang sangat berhasrat untuk merebut medali emas sepak bola putra SEA Games 2021 demi mengulangi pencapaian serupa yang terakhir kali diraih pada SEA Games 1991.

Indonesia hampir saja mengulang prestasi tersebut pada SEA Games 2019 di setelah tim yang ketika itu dilatih lolos ke final. Sayangnya, di partai puncak, Egy Maulana dan kawan-kawan takluk 0-3 dari .

Indonesia tengah menjalani TC persiapan SEA Games 2021 di Jakarta pada 8-28 Februari 2021. Ini merupakan TC kedua setelah sebelumnya dilakukan pada Desember 2020.

SEA Games 2021 dijadwalkan berlangsung pada November-Desember di Vietnam.

Berdasarkan regulasi SEA Games tahun 2019, setiap tim cabang olahraga sepak bola putra wajib diperkuat pemain berusia maksimal 22 tahun (U-22) dan sebanyak-banyaknya dua pemain senior yang berumur di atas 22 tahun.

Berita Terkait