PT LIB Menyebut Kompetisi Bisa Digelar di Luar Pulau Jawa

PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi belum bisa memastikan venue penyelenggaraan Liga 1 dan Liga 2 2021 tetapi ada peluang main di luar Pulau Jawa.

Sebelumnya, PT LIB berencana memusatkan pertandingan Liga 1 dan Liga 2 2021 di Solo, Jawa Tengah dan Yogyakarta.

Direktur Operasional PT LIB, Sudjarno mengatakan mereka mendapatkan masukan dari kepolisian untuk menggelar pertandingan di daerah zona hijau Covid-19.

Saran itu didapat setelah adanya pertemuan membahas penyelenggaraan kompetisi 2021 bersama Menpora, PSSI, Polri, BNPB, serta KONI di Wisma Kemenpora, Rabu (10/2/2021).

“Masukan-masukan, soal pilihan-pilihan daerah yang ada venue-nya bisa direkomendasikan (untuk di daerah zona hijau),” kata Sudjarno di Kantor Kemenpora.

“Nanti, PT LIB menyampaikan jadwal tempatnya dimana. Ini nanti terkait dengan infomasi Baintelkam, bagaimana perkembangannya,” ucap Sudjarno menambahkan.

Menurut Sudjarno, penyelenggaraan kompetisi musim 2021 juga berpeluang diselenggarakan di luar Pulau Jawa.

“Kami akan menyesuaikan itu. Bisa kemungkinan, kompetisi dilaksanakan di luar Pulau Jawa,” ucap Sudjarno.

Liga 1 serta Liga 2 musim 2021 rencananya digelar setelah Hari Raya Idul Fitri, Juni tahun ini.

Atau, kompetisi dijadwalkan bergulir setelah penyelenggaraan turnamen pramusim pada Maret hingga April 2021.

Sebelumnya, soal izin kompetisi masih juga belum turun. Sebab, rapat koordinasi ini belum menghasilkan kepastian terkait izin penyelenggaraan kompetisi.

“Kami belum mengambil keputusan apapun. Karena, nanti keputusannya setelah ini (dibahas oleh Polri),” kata Menpora Zainudin Amali.

“Jadi, jangan salah paham, seolah-olah saat kami ada rapat kemudian setelah itu kami memutuskan,” ia melanjutkan.

Politisi Partai Golkar itu menekankan bahwa rapat ini merupakan bagian dari proses panjang dalam mempersiapkan penyelenggaraan kompetisi di tengah pandemi Covid-19. (skor.id)