Jacksen F Tiago Sebut Bulan Depan Ideal Untuk Gelar Turnamen Pramusim

Pelatih Persipura Jayapura, Jacksen F Tiago, mendukung penuh digelarnya turnamen pramusim. Ia bahkan menilai ajang tersebut pas dilangsungkan pada bulan depan.

PT Liga Indonesia Baru (LIB) berencana melangsungkan turnamen pramusim di empat kota. Kini operator kompetisi tersebut sedang menggodoknya.

Turnamen pramusim menjadi persiapan yang tepat untuk seluruh klub sebelum memulai kompetisi. Hal itu karena hampir satu tahun tidak ada pertandingan yang digelar.

“Saya pikir, masa pra musim bisa dimulai pada Maret. Kenapa demikian? Karena pertengahan April kita sudah memasuki bulan puasa,” kata Jacksen kepada awak media.

Sampai sekarang PSSI belum menetapkan kompetisi musim 2021 dilangsungkan. Federasi sepakbola nasional tersebut bakal membahasnya saat Kongres Tahunan digelar selepas Hari Raya Idulfitri atau tepatnya pada 29 Mei mendatang.

Kabar yang beredar Liga 1 2021, bakal dilaksanakan pada Juni mendatang. Akan tetapi, PSSI mesti mendapatkan izin dari Kepolisian Republik Indonesia (Polri), untuk memutarnya.

Kini PSSI dan PT LIB sedang berusaha meraih izin tersebut. Dalam waktu dekat ini mereka bakal melakukan pertemuan dengan Polri untuk membicarakan izin dan detail kompetisi.

“Di kompetisi lainnya, kenapa selalu ada jarak dua bulan antara akhir kompetisi dan saat akan dimulai. Karena untuk mengembalikan sentuhan bola yang hilang,” ujar pria asal Brasil tersebut.

“Jika benar kompetisi dimulai awal Juni, maka masa [turnamen] pramusim dimulai Maret. Itu sudah tepat, bukan lagi ideal. Dan sungguh tidak tepat jika kompetisi bergulir tanpa masa pramusim,” mantan juru formasi Barito Putera tersebut menambahkan.

Saat ini Jacksen, sedang menunggu kabar dari manajemen Persipura untuk menggelar persiapan. Skuad Mutiara Hitam, sudah dibubarkan pada awal Januari 2021 karena kesulitan masalah finansial.

Bank Papua, yang merupakan satu di antara sponsor tidak mampu memenuhi kontrak senilai Rp5 miliar. Tak cairnya uang tersebut karena kompetisi berhenti bergulir sejak pertengahan Maret tahun lalu.

Bubarnya Persipura tentu mengejutkan. Mengingat, kesebelasan asal Papua tersebut adalah wakil Indonesia pada Piala AFC tahun ini bersama dengan Bali United.