Jika Shopee Liga 1 Lanjut, PSSI Ingatkan Kepatuhan Suporter

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan kembali menegaskan ke suporter untuk tak menghadiri laga Shopee Liga 1. Saat ini izin kompetisi masih terus diupayakan.

PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) baru saja memaparkan protokol kesehatan dalam rapat koordinasi bersama Polri di Kantor Kemenpora, Rabu (10/2/2021). Belum ada keputusan tentang nasib kompetisi.

Polri masih akan mengkaji protokol kesehatan yang dirancang oleh PSSI dan PT LIB. Suporter masih menjadi perhatian Polri terhadap sikap mereka yang masih menahan izin penyelenggaraan kompetisi.

“Catatannya, suporter menjadi perhatian luar biasa. Suporter tidak boleh membuat kerumunan atau nobar (nonton bareng),” kata Iriawan dalam keterangan persnya seusai rapat koordinasi.

“Kami bilang ke suporter dengan hormat, apabila diizinkan tanpa penonton. Nasib kompetisi bisa dievaluasi lagi izinnya. Cukup nonton di televisi. Kami serahkan ke kepolisian. Hari ini belum ada keputusan izinnya. Kami tunggu pengumuman dari kepolisian,” ujarnya menambahkan.

Adapun materi presentasi dari PSSI dan PT LIB adalah video simulasi pertandingan sepakbola. PT LIB telah menggelar simulasi di Stadion PTIK, Jakarta, Minggu (7/2/2021).

Selain Polri, hadir pula Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Satgas COVID-19. Perancangan protokol kesehatan harus benar-benar meyakinkan semua pihak terkait agar kompetisi.

“Kami memaparkan, pertama protokol kesehatan secara lengkap. Lalu masukan dari bnpb dan satgas covid, cuci tangan dan masker,” tutur Iriawan.

“Kami sampaikan dengan video yang kami buat. Kami paparkan jadwal turnamen dan kompetisi apabila diizinkan. Izin tergantung kepolisian, karena tugas kami menyampaikan prokes,” ucapnya. (detik.com)