Bersama Menpora, Besok PSSI dan Kapolri Rapat Koordinasi

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Zainudin Amali, akan memimpin rapat koordinasi bersama PSSI dan kepolisian.

Menpora RI, Zainudin Amali, telah bertemu dengan Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri), Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo, di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (8/2/2021).

Dalam pertemuan tersebut, Kapolri bersedia menggelar pertemuan dengan pihak-pihak yang terkait untuk mencari solusi yang terbaik untuk penyelenggaraan kompetisi.

Sigit mengatakan, yang terpenting kegiatan olahraga dan kepemudaan selaras dengan misi pemerintah menurunkan angka kasus Covid-19.

Menanggapi hal itu, Menpora pun menjadwalkan pertemuan antara PSSI dan PT LIB dengan Kapolri pada Rabu (10/2/2021).

Rapat koordinasi tersebut bertujuan untuk menyampaikan gagasan PSSI dan PT LIB untuk menggelar kompetisi pada masa pandemi Covid-19.

“Sebagai tindak lanjut dari pertemuan Menpora RI dengan Kapolri pada tanggal 8 Februari lalu, hari Rabu (10/2/2021) siang Menpora akan memimpin rapat koordinasi bersama beberapa pejabat Polri, Ketua Umum PSSI, Ketua Umum KONI Pusat, Satgas Covid-19, dan Direktur Utama PT LIB,” ujar Zainudin Amali.

“Agenda rapat akan mendengarkan presentasi dari PSSI dan PT LIB, serta penjelasan tentang persiapan pelaksanaan kompetisi liga sepak bola dan penerapan protokol kesehatan secara ketat dan disiplin,” Zainudin menambahkan.

Pihak-pihak yang terkait, kata Zainudin, akan diberi kesempatan untuk memberikan tanggapan terhadap presentasi yang dibawakan PSSI dan PT LIB.

Dengan demikian, diharapkan segera ada titik temu antara kepolisian dan PSSI agar izin kompetisi bisa segera diberikan.

“Pihak yang hadir dalam rapat ini akan memberikan penilaian terhadap paparan tersebut dan berbagai hal lain yang terkait kegiatan keolahragaan pada umumnya, serta pengelolaan kompetisi sepak bola khususnya. Terutama di tengah situasi pandemi Covid-19 yang masih cukup tinggi,” ucap Zainudin.

Kompetisi sepak bola Indonesia belum bergulir sejak dihentikan pada Maret lalu.

Izin dari pihak kepolisian menjadi hal yang membuat kompetisi urung terselenggara hingga saat ini.

Namun belakangan kepolisian memberi sinyal bakal mengizinkan Liga 1 dan Liga 2 2021 bergulir asalkan dengan protokol kesehatan yang jelas. (Skor.id)