Legenda Persib dan Timnas Indonesia Robby Darwis Buka Akademi Sepak Bola di Cimahi

Pelatih PSKC Cimahi, Robby Darwis mendirikan sebuah akademi sepak bola di Kota Cimahi, Jawa Barat. Akademi milik Robby itu berlokasi di kawasan Pusat Pendidikan Polisi Militer (Pusdikpom), Cimahi.

Robby mengatakan tujuannya mendirikan akademi sepak bola karena ia ingin membina pemain-pemain muda yang punya potensi menjadi pesepak bola hebat.

Keseriusan itu dibuktikan Robby dengan memilih Lapangan Pusdikpom yang ditunjang sarana lengkap untuk berlatih.

“Saya membuka akademi untuk membina pemain potensial, dan juga dari akademi saya semoga bisa men-supply untuk klub-klub lain ke depannya,” kata Robby, seperti dikutip dari Simamaung.

“Jadi akademi ini sudah difasilitasi sama Pusdikpom dan akademi ini juga punya fasilitas full, seperti (tempat) fitness, tempat menginap dan lapangan sudah 100% (siap digunakan),” ujarnya menambahkan.

“Pokoknya dengan fasiliitas ini yang jarang di Bandung, jadi saya optimis bisa memberi kontribusi yang bagus bagi pemain yang ingin maju dan juga mencari bibit-bibit untuk klub dan juga tim nasional,” tutur mantan bek Timnas Indonesia di era 1990-an ini.

Untuk memfasilitasi siswa dari luar kota Cimahi dan Bandung, Robby akan bekerja sama dengan beberapa sekolah formal supaya mereka bisa tetap bersekolah.

“Saya membuka akademi ini lebih fokus pada fasilitas dulu, yang nyaman buat siswa terutama siswa sekarang kan sekolah. Jadi yang dari luar pulau seperti Sumatera atau dari daerah lainnya dan datang ke sini untuk menimba ilmu, kita di akademi ini menyalurkan ke sekolah (formal) juga,” tutur Robby.

“Jadi kita bekerjasama dengan sekolah, baik itu SMP dan SMA hingga antar jemputnya juga siap. Jadi tidak asal bikin akademi saja,” ujarnya.