Sabah FC Mau Putus Kontrak Pemain Asing Demi Saddil Ramdani

Kedatangan Saddil Ramdani ke Sabah FC bakal mengorbankan satu pemain asing untuk mengisi kuota Asia Tenggara di Malaysia Super League (MSL) 2021, karena dianggap tidak cocok dengan rencana permainan pelatih Kurniawan Dwi Yulianto.

Manajemen Sabah sebelumnya telah mengontrak bek tengah asal Korea Selatan, Park Tae-Su, untuk mengisi slot pemain Asia. Manajemen juga memperpanjang kontrak ujung tombak blasteran Thailand-Jerman Dennis Buschening yang direkrut pada musim lalu demi mengisi kuota pemain ASEAN.

Hanya saja, Kurniawan membutuhkan pemain yang bisa berperan di sektor sayap. Awalnya Kurniawan ingin menempatkan Buschening di posisi tersebut, namun dinilai tidak cocok. Bahkan manajemen kini dikabarkan sedang melakukan pembicaraan mengenai kemungkinan pemutusan kontrak Buschening.

“Saya sebetulnya berencana menggunakan Buschening sebagai pemain sayap, tapi dia tidak cocok menjalankan peran itu. Saya lalu memutuskan lebih baik mengontrak Saddil,” beber Kurniawan dikutip laman The Star.

Kurniawan mengatakan, Saddil merupakan pemain yang dibutukan dalam skema permainan Sabah di musim 2021. Penggawa Bhayangkara FC tersebut dinilai memiliki kemampuan menempati posisi pemain sayap maupun bek sayap.

Selain itu, Saddil juga diperkirakan tidak membutuhkan waktu untuk beradaptasi. Pemain berusia 22 tahun ini pernah merasakan atmosfer sepakbola Malaysia ketika memperkuat Pahang pada musim 2019. Saat itu, Saddil berpengaruh besar dalam skema permainan Pahang.

Kurniawan mengatakan, manajemen Sabah sudah mengajukan surat kepada Bhayangkara FC untuk melepas Saddil. Mereka kini menunggu surat pelepasan dari Bhayangkara agar Saddil bisa cepat bergabung dengan tim.

“Saya sudah memantau Saddil sejak musim lalu. Saya yakin dia bisa cocok dalam rencana permainan yang saya inginkan. Dia pemain serba bisa, mempunyai kelebihan di kedua kakinya, dan efektif sebagai pemain sayap atau bek sayap,” jelas Kurniawan.

Dengan demikian, Sabah kini hanya memburu pemain asing untuk mengisi kuota non-Asia dan ASEAN. Tiga legiun asing baru yang sedang diincar dari Eropa untuk posisi bek tengah, playmaker asal Afrika, serta ujung tombak Amerika Latin.

Kurniawan sebelumnya diwartakan mengungkapkan ketertarikan mendatangkan mantan striker Johor Darul Takzim (JDT) Jorge Pereyra Diaz. Sedangkan posisi playmaker diyakini berasal dari Gabon, yakni Levy Madinda yang pernah memperkuat klub Spanyol Celta Vigo. Madinda terakhir kali tercatat sebagai pemain klub Divisi Dua Turki, Girensunspor.