PT LIB Siapkan Satgas Covid-19 hingga Sempurnakan Prokes demi Liga 1

Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB), Akhmad Hadian Lukita, mengatakan bahwa pihaknya telah menyiapkan semuanya demi kelancaran Liga 1 2021.

Sebagaimana diketahui, akhirnya Kepolisian Republik Indonesia (Polri) memberikan lampu hijau soal Liga 1 yang kemungkinan digelar di tengah pandemi Covid-19.

Hal ini sebelumnya dinyatakan oleh Kabid Kerjasama Baintelkam Polri, Kombes Pol Budi Sajidin.

Budi menyatakan pihaknya telah mempertimbangkan agar kompetisi 2021 bisa bergulir.

Meski belum ada surat tertulis, PT LIB pun menyambut baik kabar tersebut, bahkan Akhmad Hadian mengaku pihaknya telah siap merapat ke Polri.

Namun, ditengah pertimbangan Polri tersebut, Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Penanggulangan Bencana (BNPB), Berton Suar Panjaitan, juga turut menyarankan beberapa hal agar Liga 1 bisa bergulir.

Salah satu saran dari Berton Panjaitan yakni terkait dibentuknya Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 dari pelaksana kompetisi atau masing-masing klub.

Hal ini diharapkan bisa membuat beberapa pihak termasuk Polri bisa segera mengeluarkan izin dengan pertimbangan itu.

Menanggapi hal ini, Akhmad Hadian pun mengatakan bahwa saran tersebut tentu saja saran yang baik.

Ia bahkan menyatakan bahwa sebagai tim penyelenggara kompetisi pihaknya sudah mempersiapkan Satgas Covid-19, bahkan di beberapa klub juga.

“Tentu saja itu saran yang bagus untuk membentuk tim Satgas Covid-19 setiap klub. Bahkan kalau tidak salah beberapa klub sudah ada Satgas-nya,” kata Akhmad Hadian Lukita kepada BolaSport.com, Kamis (4/2/2021).

“Di LIB juga sebenarnya sudah dibentuk Satgas Covid-19 dan itu langsung dipimpin oleh Direktur Operasional PT LIB,” ujarnya.

Selain itu, LIB juga hingga saat ini terus menyempurnakan protokol kesehatan yang telah dipersiapkan sejak tahun lalu agar Liga 1 2021 bisa berjalan dengan aman.

Apalagi protokol kesehatan yang ketat menjadi salah satu persyaratan wajib untuk menggelar kompetisi, sehingga berusaha memberikan yang terbaik.

“Jadi PT LIB sudah siap semua untuk protokol kesehatan juga. Hanya saja sampai saat ini terus disempurnakan agar saat kompetisi berlangsung tidak menjadi klaster baru,” tuturnya.

Tak hanya itu, Hadian juga menyatakan bahwa setelah protokol kesehatan nantinya siap akan segera diberikan ke masing-masing klub.

Sementara itu, untuk keputusan Liga 1 2021 kapan akan bergulir baru akan diputuskan pada 29 Mei mendatang, saat kongres tahunan PSSI.