Shin Tae-Yong Ternyata Sempat Ragu Rekomendasikan Asnawi Mangkualam Ke Ansan Greeners

Pelatih Indonesia, Shin Tae-yong, memberi sanjungan pada kualitas Mangkualam yang baru saja ia rekomendasikan untuk gabung klub 2 Korea Selatan, .

Perpindahan Asnawi ke Ansan Greeners memang jadi paket kejutan, sebagaimana ia pun menjadi pemain pertama Indonesia yang bisa menembus tim kompetisi Korea Selatan. Tentunya, hal itu tak lepas dari andil Tae-yong.

Bukan hanya masalah rekomendasi Tae-yong sebagai orang terpercaya di sepakbola Negeri Ginseng, tapi kualitas dari Asnawi pun memang tak perlu diragukan. Kepada media Korea Selatan, Sports G, Tae-yong membeberkan hal itu.

“Dia benar-benar pemain yang bagus. Makanya di kepala saya, setiap membuat skuad baru, Asnawi adalah pemain pertama yang saya pilih. Asnawi itu tidak hanya berposisi sebagai bek kanan, ia juga bisa bermain di posisi lain, gelandang bertahan,” ujar Tae-yong.

Skuad yang dimaksud Tae-yong adalah ketika dirinya membentuk timnas Indonesia. Sebagaimana diketahui, Tae-yong bertanggung jawab pada banyak timnas, dari mulai U-19, senior, hingga kini memegang kendali untuk skuad SEA Games 2021.

Secara gamblang Tae-yong mengakui bahwa bukan keputusan yang mudah untuk menyarankan Ansan Greeners mengambil Asnawi. Dirinya sempat ragu keputusan Asnawi gabung klub Korea Selatan malah membuatnya sulit menggunakan jasa Asnawi.

“Saya sebagai kepala Indonesia, ini bukan pertimbangan yang mudah untuk saya. Kenapa? Karena jika saya mau memanggilnya untuk pemusatan latihan atau persiapan kejuaraan akan lebih susah, dia kan jauh di Ansan,” tutur eks stoper itu.

“Apalagi kalau ada laga dengan status A . Pertama saya tidak ingin ia ke Korea, tapi saya berpikir Asnawi punya masa depan yang cerah, umur pun masih muda makanya saya rela melepasnya ke Ansan. Saya pikir perekrutan ini akan berhasil di Ansan, semoga ia bisa bermain dengan baik,” harap Tae-yong.
Artikel dilanjutkan di bawah ini

Indonesia memang beda dalam urusan kalender internasional, karena agenda di Tanah Air terkesan suka-suka alias tidak mengikuti dunia pada umumnya. Makanya, banyak pemain Indonesia yang berkarier di luar negeri, kesusahan untuk ikut pemusatan latihan timnas secara utuh.

Pada tahun ini, Tae-yong bertanggung jawab untuk membawa timnas Indonesia berprestasi pada SEA Games 2021 di Vietnam, hingga Piala . Selain itu, Indonesia juga masih harus menjalani sisa laga grup Kualifikasi .

Berita Terkait