Respons PT LIB Sambut Lampu Hijau Dari Polri Untuk Menggelar Liga 1

Kabar baik untuk , sebagaimana Kepolisian Republik Indonesia () telah memberi lampu hijau soal kemungkinan menggelar kembali kompetisi sepakbola di tengah pandemi virus corona.

Izin kepolisian memang jadi satu hal yang menjegal pelaksanaan dan pada Oktober tahun lalu, lantera Polri menilai bahwa pandemi virus corona di Indonesia belum terkendali, sehingga seluruh kegiatan olahraga profesional belum bisa dijalankan.

Pada Rabu, 3 Februari, Kabid Kerjasama Baintelkam Polri, Kombes Pol Budi Sajidin, menyatakan pihaknya telah mempertimbangkan agar kompetisi 2021 bisa bergulir. Meski belum secara formal atau tertulis, tapi ini memberi harapan segar untuk para pelaku sepakbola.

(LIB) selalu operator kompetisi profesional Indonesia merespons hal ini dengan semringah. Mereka bakal bergerak menyusun perizinan supaya segera ada kepastian soal kapan kompetisi musim 2021 digelar. Hal itu disampaikan oleh direktur utama LIB, .

“Saya juga mendapatkan update terkait kabar yang sama. Tapi apabila memang iya, Alhamdulillah kalau seperti itu. Kami akan segera merapat untuk berkomunikasi dengan Polri,” ujar Lukita ketika dihubungi awak media.

Februari memang ditargetkan oleh LIB untuk bisa mendapat izin resmi dari Polri. Mereka berencana melakukan sowan ke Mabed Polri, dan ingin menemui Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) baru, Listyo Sigit Prabowo.

Selain harus berkomunikasi dengan Polri, penting untuk LIB menemui Satgas Covid-19 untuk memberikan rekomendasi dan pertimbangan mengenai pelaksanaan Liga 1 dan Liga 2 2021 ini. Protokol kesehatan tetap menjadi perhatian utama bagaimana pertandingan bisa digelar di masa wahah Covid-19 ini.

“Sejauh ini juga sudah menyiapkan protokol kesehatan dan yang lainnya. Tetapi setiap saat masih terus disempurnakan agar tidak menjadi klaster baru nantinya,” pungkas Lukita.

Juni menjadi waktu yang relevan ditargetkan untuk memulai kembali kompetisi. Kapan tepatnya kompetisi kembali dijalankan juga bakal dibahas pada Kongres tahunan PSSI, yang rencananya bergulir 29 Mei nanti.

Ada pun, LIB membuka peluang untuk menggelar sesuai permintaan mayoritas klub Liga 1. Turnamen pramusim dianggap penting untuk kesiapan pemain menyambut liga, juga sebagai percobaan untuk operator menggelar kompetisi dengan protokol kesehatan di tengah pandemi virus corona.

Berita Terkait