Bertemu PSSI, Tangan Kanan Shin Tae-Yong Minta Maaf

Jajaran pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong dan pelatih fisik Lee Jae-hong, hadir menemui PSSI di kantor Pusat PSSI daerah Jakarta Pusat, Rabu, 3 Februari.

Pertemuan tersebut membahas bagaimana program timnas Indonesia yang akan menghadapi SEA Games 2021 di Vietnam. Selain itu, Lee juga menyampaikan maaf kepada PSSI.

Komentar dirinya di media sosial memantik pertanyaan soal hubungan antara tim pelatih timnas Indonesia dan PSSI, sebagaimana Lee membeberkan belum ada rencana jelas soal timnas, dari PSSI.

“Iya pelatih Lee Jae-hong memohon maaf terkait unggahan status di sosial media miliknya. Ini hanya kesalahpahaman saja karena apa yang disampaikannya tidak sesuai dengan yang terjadi,” ujar pelaksana tugas sekretaris jenderal PSSI, Yunus Nusi, dikutip laman resmi PSSI.

“Soal komunikasi semua sudah dilakukan dengan baik oleh PSSI melalui direktur teknik [Indra Sjafri] kepada pelatih Shin Tae-yong. Dan pada kesempatan tadi, Shin Tae-yong sudah menegur Lee Jae-hong,” imbuh pria asal Kalimantan Timur tersebut.

Yunus Nusi – PSSI

Mengenai program untuk timnas Indonesia, Tae-yong berharap pemusatan latihan (TC) dapat kembali dilaksanakan pada bulan ini. PSSI pun akan berupaya mengakomodir kepentingan timnas Indonesia semaksimal mungkin.

“Pelatih Shin Tae-yong sudah memberikan program untuk PSSI agar timnas Indonesia dapat menjalani pemusatan latihan mulai tanggal 8 Februari. Kami saat ini sedang berkoordinasi dengan berbagai pihak agar pemusatan latihan dapat dilakukan di Jakarta,” tukas Yunus.

TC pada 8 Februari memang menjadi rencana awal sebelum pertemuan ini dilakukan. Namun, PSSI belum dapat menjamin karena situasi pandemi virus corona yang masih berlangsung saat ini.

Pemerintah pusat menetapkan PPKM, atau Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat, hingga 8 Februari mendatang. Hal itu juga yang turut membatasi keinginan PSSI untuk memastikan TC pada 8 Februari nanti.

Timnas Indonesia proyeksi SEA Games pertama kali melaksanakan TC pada Desember lalu dengan memanggil 36 pemain. Tae-yong nampaknya bakal menyertakan anak-anak skuad timnas Indonesia U-19 pada TC berikutnya, dicampur dengan para pemain senior dan pemain usia U-22.