Komisi X DPR-RI Siap Bantu PSSI Gelar Liga 1 2021

Komisi X DPR-RI mengaku akan membantu PSSI dalam perizinan keramianan dan meyakinkan pihak kepolisian untuk kompetisi Liga 1 2021.

Hal tersebut dikatakan Ketua Komisi X DPR-RI, Syaiful Huda. Ia menyebut kondisi sepak bola Indonesia selama setahun ini sudah memasuki masa-masa darurat.

Terbukti dalam banyak klub-klub yang gulung tikar disertai dengan kesejahteraan pemain yang menurun. Ini juga berisiko hilangnya satu generasi pemain dalam setahun terakhir.

“Jujur harus diakui setahun ini dunia sepak bola kita memasuki masa daurat. Saya dukung banget ini PSSI bilang mau gelar liga lagi pasca-ramadan.” kata Huda saat dihubungi wartawan.

“Kuncinya ada di kepolisian. Kapolri baru mungkin ada pertimbangab beda. Kami akan bantu PSSI untuk meyakinkan pihak kepolisian bahwa ini sudah darurat. Kami akan bantu meyakinkan kepolisian supaya liga bisa kembali digelar,” tuturnya.

Huda melihat, PSSI sudah merencanakan kompetisi digelar kembali dengan protokol kesehatan yang ketat termasuk pemilihan stadion yang representatif. Ini dilakukan untuk memperoteksi kekhawatiran adanya kluster COVID-19.

Komisi X DPR-RI rencananya akan terus mendorong PSSI mengambil inisiatif untuk berkoordinasi dengan stakeholder dan Satgas COVID-19, terkait yang menyangkut koordinasi dengan pihak kepolisian.

“Coba dikasih kesempatan uji coba pra liga, misalnya. Saya kira polisi perlu mempertimbangkan ini supaya lebih objektif, di lapangan yang akan menilai jangan berdasarkan asumsi,” tambah Huda.

“Pilkada sudah selesai, PSSI berkomitmen menerapkan protokol keshatan ketat, penyaringan bertahap, akan ada pelarangan suporter menonton langsung, jadi cukup bagus. Mungkin nanti ada semacam persiapan awal menuju pembukaan liga,” tukasnya.