Solidaritas Sepak Bola, Pusamania hingga Bonek Peduli Korban Banjir Kalsel

Solidaritas para suporter sepak bola terlihat dalam musibah banjir bandang di Kalimantan Selatan. Ketika Barito Mania menggalang dana, Pusamania hingga Bonek turun tangan memberi donasi.

Banjir bandang sempat menimpa wilayah Kalimantan Selatan sejak 12 Januari lalu, dan masih menggenang di sejumlah titik, termasuk di Kabupaten Banjar, yang menjadi markas sementara klub Liga 1 Barito Putera.

Alhasil, Stadion Demang Lehman (SDL) yang sebelumnya menjadi homebase klub Barito Putera dan Martapura FC, kini difungsikan menjadi posko pengungsian ribuan korban banjir, sementara Liga 1 belum bergulir.

Komunitas penggemar klub Barito Putera, Barito Mania alias Bartman, turun langsung untuk menggalang dana bagi korban banjir. Demikian pula dengan penggemar klub Martapura FC yang disebut sebagai Monster.

Beberapa kelompok suporter sepak bola di luar Kalimantan Selatan juga menggalang dana untuk korban banjir Kalsel. Pusamania alias penggemar Borneo FC bahkan turun ke jalan untuk mengumpulkan sejumlah donasi.

Kemudian, Bonek Surabaya Utara dan Bonek PSK (Persebaya Sampek Kiamat) juga turut mengirimkan bantuan berisi paket sembako, obat-obatan, dan sebagainya, melalui jalur laut di Pelabuhan Trisakti, Banjarmasin.

“Mewakili Bartman, saya ucapkan ribuan terima kasih untuk donatur. Semoga menjadi berkah, dan kami siap untuk membagikan ke wilayah yang saat ini masih belum pulih,” ucap Ketua Umum Bartman, Dedy Sattardi.

Dalam beberapa cuplikan di media sosial, nampak sejumlah anggota Barito Mania menggunakan perahu-perahu kecil untuk membagikan donasi di beberapa wilayah, karena akses jalur darat sempat terputus.