Kiper Vietnam yang Dulu Dibobol Irfan Bachdim Gabung Cerezo Osaka

Kiper Timnas , yang dulu gawangnya dibobol , resmi digaet klub Liga Jepang, J1 League, Cerezo Osaka. Sebelumnya ia juga digosipkan dengan sejumlah klub lain, termasuk dari Eropa.

“Dengan bangga kami mengumumkan bahwa Dang Van Lam telah memutuskan untuk gabung klub ini. Karena pembatasan di pihak imigrasi terkait COVID-19, kami akan mengusahakan dia datang ke Jepang secepatnya,” tulis pernyataan resmi Cerezo Osaka.

“Setelah tes medis, baru kami akan menyelesaikan proses penandatanganan kontraknya,” lanjut keterangan itu.

Sebelumnya Dang Van Lam merupakan bagian Muangthong , peserta 1. Sempat terjadi ketegangan sebelum kiper kelahiran 1993 resmi digaet Cerezo Osaka.

Muangthong United menggugat sang kiper ke FIFA karena dianggap memutus kontraknya secara sepihak. Pemain blasteran Rusia-Vietnam mulai tak kerasan karena Muangthong mulai menyingkirkannya dari posisi kiper utama.

Kondisi itu dibarengi dengan datangnya minat-minat dari klub lain terhadap penjaga gawang itu. Beberapa di antaranya adalah Sporting Braga, Dynamo Moscow, hingga klub Liga Jepang Cerezo Osaka.

Pada akhirnya FIFA justru memenangkan Dang Van Lam dalam gugatan Muangthong. Kiper berusia 27 tahun itu kini telah memilih Cerezo Osaka.

Sementara itu, sebelum dilirik klub-klub Eropa dan klub Liga Jepang, Dang Van Lam cukup punya nama di jagat sepakbola ASEAN. Sosoknya yang tinggi besar membuatnya kerap menjadi sorotan dalam pertandingan termasuk saat lawan Irfan Bachdim cs.

Kiper kelahiran Moskow itu turut bermain kala Vietnam dijamu pada Kualifikasi 2022. Ia mengantar Vietnam mengalahkan dalam pertandingan di Stadion Kapten I Wayan Dipta, 15 Oktober 2019.

Dalam pertandingan itu gawang Dang Van Lam dibobol oleh Irfan Bachdim pada menit ke-84. Tapi Timnas Vietnam yang berhasil meraih tiga poin berkat kemenangan 3-1 atas Indonesia.

Berita Terkait