Jejak Karier Mentereng Nick van der Velden Sebelum Mendarat di Bali United: Juara di AZ Alkmaar, Garang Berkat Louis van Gaal

Mantan gelandang Bali United, Nick van der Velden, pernah mengukir prestasi bersama AZ Alkmaar. Nick turut berkontribusi membantu AZ Alkmaar menjuarai Eredivisie musim 2008/2009.

Pada musim tersebut Alkmaar diasuh pelatih dengan segudang pengalaman, Louis van Gaal. Akan tetapi, AZ Alkmaar tak banyak diperkuat pemain-pemain bintang.

Klub berjulukan Cheeseheads itu hanya memiliki pemain tenar seperti Mounir El Hamdaoui, Hector Moreno, Jeremain Lens, Sergio Romero, dan Mousa Dembele. Meski begitu, Alkmaar mampu meruntuhkan hegemoni Ajax Amsterdam dan PSV Eindhoven yang bergantian merengkuh trofi juara.

AZ Alkmaar finis di puncak klasemen akhir Eredivisie 2008/2009 dengan nilai 80, hasil dari 25 kemenangan, lima kali imbang, dan menelan empat kekalahan. Alkmaar unggul 11 poin atas FC Twente di posisi kedua dan 12 angka atas Ajax di peringkat ketiga.

Polesan Louis van Gaal

Nick van der Velden yang tampil dalam 20 pertandingan di Eredivisie musim tersebut mengaku senang turut membantu AZ Alkmaar meraih titel juara. Selain itu, dia juga merasa kemampuannya semakin berkembang saat diasuh Louis van Gaal.

“Louis van Gaal adalah mentor terbaik bagi saya di sepak bola. Ketika masih di AZ Alkmaar, kami memiliki skuad yang bagus dan banyak memiliki pemain bagus,” kata Van der Velden di kanal YouTube Bali United.

“Saat itu ada Mouse Dembele yang pernah bermain di Tottenham Hotspur, dan pemain bagus lainnya. Kami bekerja keras setiap harinya dalam latihan. Kami tim bagus dan mengalahkan semua tim dan menjadi juara di Eredivisie,” lanjut Nick van der Velden.

Mengidolai Zinedine Zidane

Sama seperti pesepak bola lainnya, Nick van der Velden juga memiliki pemain idola. Pria berusia 39 tahun tersebut mengaku kagum dengan mantan gelandang Timnas Prancis, Zinedine Zidane.

Menurut Van der Velden, Zidane yang kini berstatus pelatih Real Madrid itu memiliki kemampuan mengolah bola yang luar biasa.

“Saya mengidolai Zinedine Zidane. Kontrol bolanya, kelihaiannya dalam bermain dengan pemain lain, dan dia juga adalah seorang pemain yang tenang. Tetapi, kemampuan mengolah bolanya sungguh luar biasa,” ucap Van del Velden.