Kesan Wonderkid Makassar di Kesempatan Keduanya ikut Program Garuda Select

Ada tiga pemain dari musim sebelumnya yang kembali ikut serta dalam Garuda Select angkatan ketiga. Salah satunya Muhammad Rafli Asrul yang berasal dari klub PSM Makassar.

Rafli, yang musim lalu masih menjadi bagian dari PSM U-16, tengah berlatih bersama tim senior PSM di Yogyakarta saat dikabarkan kembali terpilih dalam program Garuda Select.

Tak banyak pemain muda Indonesia yang bisa mendapatkan kesempatan untuk menimba ilmu sepakbola di Eropa selama dua tahun berturut-turut. Untuk itu Rafli bertekad untuk terus bekerja keras dan meningkatkan kemampuan bersama angkatan ketiga.

“Banyak perkembangan yang telah saya rasakan, terutama dari segi fisik. Dahulu, saya sangat kurus, sekarang sudah lebih berisi. Saya juga merasa kekuatan saya bertambah sehingga tidak merasa takut lagi ketika menghadapi pemain dengan postur yang lebih besar,” kata Rafli dalam laman resmi Garuda Select.

” Saya harus memanfaatkan kesempatan kedua ini untuk memperbaiki semua kekurangan saya,” lanjut pemain kelahiran Belajen, Sulawesi Selatan pada 19 Februari 2003 itu.

Di tengah kondisi pandemi COVID-19, para pemain Garuda Select kini menjalani latihan intensif meningkatkan kemampuan fisik sambil menunggu izin untuk kembali menggelar pertandingan.

“Porsi latihan tahun ini memang meningkat jika dibandingkan musim lalu. Sekarang kami bisa berlatih hingga tiga kali dalam sehari yang ditambah lagi dengan sesi di gym tetapi saya akan terus berusaha untuk fokus dan menjalankan semua latihan dengan sebaik-baiknya.”

Rafli mengaku siap untuk menjalani seluruh tantangan tersebut demi mewujudkan mimpinya. Pemain yang tahun ini berusia 18 tahun itu ingin mengikuti jejak Bagus Kahfi dan Brylian Aldama direkrut oleh klub Eropa.

“Ini semua akan membantu saya menjadi pemain yang lebih baik, dan semoga saja suatu saat saya bisa dipanggil untuk membela tim nasional Indonesia untuk Piala Dunia U-21 2023 dan bisa bermain di salah satu klub di Eropa, seperti Bagus dan Brylian,” kata Rafli.