Bali United Sentil PSSI Setelah Drawing Fase Grup Piala AFC 2021, Kenapa?

Pengundian Fase Grup Piala 2021 baru saja dilangsungkan di AFC House yang berada di Kuala Lumpur, Malaysia, Rabu (27/1/2021) siang WIB. Wakil Indonesia, Bali United, tergabung di Grup G bersama (Vietnam) dan Boeung Ket (Kamboja).

Sementara itu, satu tim lagi menunggu pemenang playoff zona ASEAN 3.1. Playoff zona ASEAN 3. 1 mempertemukan Hanthawady United (Myanmar) kontra pemenang playoff Lao Toyota (Laos) vs Kasuka (Brunei).

Bagaimana dengan wakil Indonesia lainnya, Jayapura? Klub berjuluk Mutiara Hitam itu harus lebih dulu melakoni playoff kontra pemenang Visakha (Laos) vs (Timor Leste).

Jika memenangkan babak playoff, Persipura akan tergabung di Grup H bersama (Malaysia), Lion City Sailors (Singapura) dan Sai Gon (Vietnam). Karena itu, Bali United dan Persipura mesti tetap mempersiapkan tim, meski kompetisi lokal belum tahu kapan akan bergulir.

Karena itu, akun Twitter Bali United, @BaliUtd, menyentil PSSI. Ia meminta kompetisi 2021 segera ditentukan tanggal mainnya. Sebab jika kompetisi digulirkan, Bali United bisa semakin matang saat ambil bagian di Fase Grup yang rencananya digelar di tempat netral pada 22-28 Juni.

“Yuklah Om @PSSI Liganya dimulai, biar persiapan untuk bisa maksimal nih,” tulis akun @BaliUtd.

Sekadar informasi, sejak Maret 2020, PSSI dan PT LIB meniadakan kompetisi sepakbola imbas pandemi virus corona. Pada akhirnya, Rabu 20 Januari 2021, Ketua Umum PSSI membatalkan lanjutan Liga 1 dan 2 2020.

“Berdasarkan masukan dan kemudian Exco PSSI membahasanya, akhirnya diputuskan soal kejelasan Liga 1 dan 2 itu. Exco PSSI memutuskan kompetisi Liga 1 dan 2 musim 2020 dibatalkan,” kata Iriawan mengutip dari laman PSSI.

Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB), Akhmad Hadian Lukita, mengatakan lanjutan Liga 1 2021 kemungkinan baru bisa digelar setelah Lebaran. Hal itu berarti, kompetisi baru akan digulirkan pertengahan Mei 2021.

“Kami menghitung waktu persiapan, belum lagi soal hal lain seperti, misalnya, transportasi. Kami masih merancang semuanya dan belum selesai,” kata Akhmad Hadian, Okezone mengutip dari Antara.

Berita Terkait