Klub-klub Indonesia Butuh Turnamen Pra-musim Sebelum Liga 1 2021 Dimulai

dan PT Liga Indonesia Baru berharap bisa segera menentukan tanggal pasti mengenai musim baru Liga 1 dan Liga 2 2021.

Pandemi virus corona membuat kompetisi sepakbola di Indonesia terpaksa harus disudahi, setelah tertunda sejak bulan Maret 2020 lalu.

Banyak klub yang menyambut baik keputusan PSSI untuk menyudahi musim 2020 dan fokus pada musim baru. Namun mereka juga ingin PSSI menggelar turnamen pemanasan sebelum Liga 1 bergulir.

Pelatih , Rahmad Darmawan mengatakan bahwa turnaman pra-musim bisa menjadi studi kasus PSSI dalam menggelar Liga 1.

“Saya berharap ada turnamen pramusim sebelum kompetisi dimulai,” kata Ramhad Darmawan dikutip dari Bolasport.

“Hal itu untuk semacam test case kompetisi saat pandemi ini. Apalagi kompetisi sudah lama terhenti,” ucapnya.

Hal senada juga dikatkan oleh CEO Bali United yang juga setuju untuk digelarnya turnamen pra-musim.

“Setuju. Kami ingin pertandingan yang lebih resmi dari sekadar friendly match. Jika ada kompetisi pra-musim, kami pasti akan menaati peraturan pemerintah dan batasan-batasan dalam masa pandemi,” kata bos Yabes kepada Radar Bali.

Dalam beberapa tahun terakhir memang ada banyak turnamen pra-musim yang digelar sebelum musim kompetisi dimulai. Sebut saja hingga Piala Jenderal Sudirman.

Masukan sedikit berbeda diutarakan oleh pihak Persib Bandung yang menilai kompetisi Liga 1 idealnya digelar usai hari raya Idul Fitri tahun ini yang jath pada bulan Mei.

“Kami berharap kepastian tanggal berapa akan dimulai (tak bisa hanya di bilang dilaksanakan setelah lebaran) lantaran informasi ini sangat berdampak pada persiapan teknis dan non-teknis,” kata selaku Direktur (PBB).

“Kami harapkan Liga 2021 bisa mulai Agustus atau September (sesuai dengan kalendar kompetisi Eropa). Untuk mengisi kekosongan menunggu kick-off bisa dilaksanakan kegiatan sepak bola antara Februari-Juni atau Juli,” ungkapnya.

“Dan kita harus ingat bahwa di tanggal 13-14 Mei adalah Idul Fitri, sehingga pelaksanaan event itu harus disesuaikan. Formatnya nanti menggunakan sistem turnamen,” jelas .

Berita Terkait