Fase Grup Liga Champions Asia & Piala AFC 2021 Main di Venue Netral

Fase grup kompetisi antarklub Asia 2021, yakni Liga Champions Asia () dan Piala , dimainkan di venue netral (sentralisasi). Begitu keputusan AFC.

Fase grup LCA akan digelar di dua lokasi dari dua zona (Barat dan Timur). Sementara fase grup akan digelar di lima lokasi berbeda dari lima zona, yakni; Barat, Selatan, Tengah, Timur, dan ASEAN.

Khusus Piala AFC, babak grup akan dimainkan dengan format single round-robin atau setengah kompetisi. Jadi, setiap tim hanya akan saling berhadapan satu kali saja.

Sementara Liga Champions Asia tetap akan memainkan format double round-robin meski laga digelar di venue netral. Setiap tim tetap akan berhadapan dua kali sebagaimana biasanya.

Babak grup LCA akan digelar pada 14-30 April untuk Zona Barat dan 21 April-7 Mei untuk Zona Timur. Sementara babak grup Piala AFC digelar 23-29 Mei untuk Zona Barat, 14-20 Mei untuk Zona Selatan, Tengah, dan Timur, dan 22-28 Juni untuk Zona ASEAN.

Format dua leg baru akan kembali digunakan Piala AFC pada babak penyisihan. Yakni babak Zonal semifinal, Zonal final, Inter-Zone Semifinal, dan Inter-Zone Final.

Sekjen AFC Dato’ Windsor John menjelaskan alasan pihaknya menerapkan format baru di gelaran kompetisi antar-klub Asia. Menyesuaikan dengan kondisi pandemi menjadi pertimbangan utama.

“AFC sangat berterima kasih atas dukungan dari Komite Kompetisi AFC, Asosiasi Anggota, dan klub yang berpartisipasi dalam membuat Champions Asia dan Piala AFC yang merupakan kompetisi terbesar dan paling inklusif dalam sejarahnya,” kata Dato’ Windsor John dalam rilis AFC.

“AFC mengutamakan keselamatan dan kesejahteraan semua pemangku kepentingan sebagai prioritas utamanya, kami sudah menunjukkan suksesnya Liga Champions Asia 2020 dengan persatuan, solidaritas, dan kepemimpinan yang kuat dari AFC untuk tetap bisa mewujudkan kompetisi di waktu yang paling menantang ini,” ujarnya.

Sementara itu, Indonesia berpeluang punya dua wakil yang akan tampil di fase grup Piala AFC Zona ASEAN. sudah memastikan diri lolos otomatis ke fase grup. Sementara harus mengawali perjuangannya dari babak play-off.

Calon lawan Persipura di babak play-off adalah Visakha dari Kamboja atau dari Timor Leste. Visakha dan Lalenok akan saling berhadapan lebih dulu pada babak pra-eliminasi kedua.

Drawing Liga Champions Asia dan Piala AFC akan digelar secara virtual di markas AFC di Kuala Lumpur, , Rabu (27/1/2021) pada pukul 14.30 waktu setempat atau 13.30 WIB untuk Piala AFC. Kemudian dilanjutkan dengan drawing LCA pukul 16.30 waktu setempat atau pukul 15.30 WIB.

Berita Terkait