Liga 1 2020 Dihentikan Tanpa Juara dan Degradasi, Robert Alberts Setuju

Pelatih , Robert Rene Alberts, menilai tepat keputusan PSSI yang menyatakan tidak ada juara dan degradasi dari kompetisi Liga 1 2020.

Sebagai informasi, melalui rapat Exco PSSI yang diselenggarakan pada Rabu (20/01/2021), PSSI memutuskan kompetisi Liga 1 2020 dibatalkan, karena kondisi kahar (force majeure) terkait dengan pandemi covid-19.

Selain itu, ada beberapa keputusan lainnya mengenai kompetisi, di antaranya tidak ada juara dan degradasi dari Liga 1 2020.

Kemudian, peserta kompetisi Liga 1 dan 2 musim 2021 adalah peserta kompetisi musim 2020 serta kontrak pemain diatur oleh klub, mengacu kepada aturan keadaan kahar di dalam kontrak masing-masing klub.

Menurut pelatih asal Belanda ini, kompetisi Liga 1 2020 baru berjalan tiga pekan dan masih ada beberapa tim yang baru melakoni dua pertandingan. Sehingga, keputusan tidak ada juara dan degradasi untuk musim 2020 sangat tepat.

Persib sendiri pada kompetisi Liga 1 2020 sudah melakoni tiga pertandingan menghadapi Persela Lamongan, , dan Sleman. Dari tiga laga itu, skuat Maung Bandung berhasil menyapu bersih dan hasil tersebut membuat tim kebanggaan Bobotoh berada di puncak klasemen dengan sembilan poin.

“Tentunya hanya memainkan tiga laga dari total 34 tidak bisa dianggap sebagai juara, dan bahkan belum semua tim bermain tiga kali, ada yang baru bermain dua kali saja,” kata , Kamis (21/01/2021).

“Dan tentu saja tidak bisa bicara soal degradasi, karena liga dihentikan di tahap yang masih sangat awal. Bukan hanya Liga 1 tapi juga karena ini berdampak sangat besar, melibatkan banyak klub,” ucap Robert Alberts menambahkan.

Mantan pelatih Makassar ini menuturkan, setelah kompetisi Liga 1 2020 resmi dibatalkan, semua pihak bisa fokus mempersiapkan diri untuk menghadapi musim baru 2021. Karena, sebelumnya klub tidak bisa berbuat apa-apa, lantaran menantikan kepastian mengenai kompetisi.

“Jadi menurut opini saya ini keputusan yang tepat dan semuanya mulai bisa fokus untuk hal yang lain, sesuatu yang lebih positif lagi,” jelas Robert Alberts.

Sebelumnya, pelatih Persib ini sudah menyarankan kompetisi Liga 1 2020 tidak dilanjutkan. Lantaran, menurutnya tidak ideal kompetisi digelar setalah cukup lama dihentikan.

Selain itu, ia juga menyarankan digelar mengikuti musim kompetisi di Eropa, karena akan ada keuntungan yang diperoleh sepak bola Indonesia, di antaranya lebih mudah menyesuaikan dengan kalender dan transfer pemain.

Berita Terkait