Asnawi Mangkualam Resmi Gabung Klub Kasta Kedua Korea Selatan

Klub kasta kedua Korea Selatan, FC, secara resmi mengonfirmasi perekrutan dari Makassar. Kepindahan pemain berusia 21 tahun itu sekaligus mencetak .

“Pada tanggal 19 Januari 2021 kami memutuskan untuk mengontrak bek Timnas Indonesia, yakni Asnawi Mangkualam Bahar. Dia dikontrak dengan durasi satu tahun dengan opsi perpanjangan setahun,” kata Presiden , Joo Chan-yong, seperti dikutip KBS, Jumat (22/1/2021).

Asnawi Mangkualam menjadi pemain Indonesia pertama yang akan bermain di klub Korea Selatan. Asnawi bakal mengisi slot pemain Asia Tenggara yang mulai berlaku di sejak musim lalu.

Sementara itu, pemilik Ansan Greeners, Yoon Hwa-seop, menyambut antusias kedatangan Asnawi Bahar. Pria yang juga menjabat sebagai Walikota Ansan itu yakin Ansawi Bahar bakal memiliki karier yang baik di Korea Selatan dan menjadi kebanggaan masyarakat Indonesia.

“Jika Asnawi yang tampil gemilang di Timnas Indonesia juga melakukannya di Ansan, maka dia akan menjadi kebanggaan bukan hanya untuk masyarakat Indonesia yang tinggal di Ansan, melainkan juga dunia. Saya akan menantikannya,” ucap Yoon Hwa-seop.

Sampai saat ini belum ada keterangan resmi dari terkait kepindahan Asnawi Mangkualam ke Ansan Greeners FC. Padahal, Asnawi masih terikat kontrak sampai 31 Desember 2021 bersama klub berjulukan Juku Eja itu.

Ketertarikan Ansan Greeners FC pada Asnawi Mangkualam tidak terlepas dari peran pelatih Shin Tae-yong. Sebelumnya, Shin Tae-yong sempat melayangkan pujian kepada Asnawi dan menyebutnya layak bermain di Korea Selatan.

“Sebagai seorang bek, dia adalah pemain dengan tekad dan semangat besar. Kualitasnya akan bekerja dengan sangat baik jika bermain di divisi pertama K-League,” ucap Shin Tae-yong beberapa waktu lalu.

Asnawi Mangkualam merupakan pemain yang tampil gemilang di sektor kanan pertahanan PSM Makassar dan Timnas Indonesia. Asnawi juga bisa diandalkan bermain di sektor tengah sebagai gelandang bertahan.

Sejak menembus skuat inti PSM Makassar pada 2017, Asnawi berhasil mencatatkan 59 penampilan dan sukses mencetak dua gol dan lima assist. Adapun bersama Timnas Indonesia, penampilannya lebih banyak di , yakni sebanyak 24 penampilan.

Berita Terkait