PSSI Cari Pelatih Untuk Tangani Timnas Putri Indonesia

Federasi , , mulai mencari pelatih untuk menukangi putri, yang pada tahun ini akan mengikuti sejumlah event internasional. Hal ini diumumkan mereka melalui laman resmi, Minggu, 17 Januari.

PSSI tidak akan membatasi siapa saja yang berminat untuk menjadi pelatih dari Garuda Pertiwi. Namun tentu saja, ada sejumlah standar yang harus dipenuhi, jika ingin menjadi pelatih dari Indonesia putri.

Nama yang masuk nantinya akan diseleksi oleh PSSI untuk menentukan yang terbaik. selaku ketua umum PSSI mengutarakan, bahwa mereka akan serius membuat meraih prestasi di ajang internasional.

“Tidak ada cara-cara penunjukkan pelatih secara langsung saat ini. kami harap dapat meraih hasil terbaik di sejumlah ajang pada tahun 2021 ini. PSSI terus berkomitmen dan serius terhadap timnas wanita,” ucap Iriawan.

Syarat yang harus dipenuhi untuk masuk kategori pelatih yang dibutuhkan timnas putri adalah memiliki lisensi kepelatihan sesuai standar, Pro, dan harus merupakan Warga Negara Indonesia (WNI). Jadi, tidak ada peluang untuk pelatih asing.

“Sesuai arahan dari ketua umum PSSI, kami segera membentuk timnas wanita. Pertama memilih pelatih dulu. Pelatih timnas wanita Indonesia harus punya pengalaman melatih di level tim senior profesional. Selain itu juga mempunyai visi yang sama dengan PSSI,” urai , direktur teknik PSSI.

“Kami terbuka kepada siapa saja pelatih yang ingin menjadi pelatih timnas wanita dengan memenuhi kriteria dan regulasi AFC tersebut. Karena mulai tahun 2019 pelatih timnas senior baik putra maupun putri harus memiliki lisensi AFC Pro,” sambung sosok asal Sumatera Barat tersebut.

Proses seleksi pelatih ini mulai dibuka pada besok, 18 Januari, hingga 22 Januari 2021. Nantinya finalisasi kandidat pada tanggal 25-29 Januari 2021. PSSI akan transparan soal kandidat dan siapa saja yang terpilih, diumumkan pada 31 Januari.

Tentunya, banyak kejuaraan yang menanti timnas putri pada tahun ini, meski memang segalanya bisa berubah karena pandemi virus corona. PSSI pun merilis event apa saja yang akan diikuti oleh timnas putri, di berbagai level usia.

Event tersebut antara lain Piala Jenesys di Jepang (1-8 Juni), Piala AFF U-16 di Indonesia (2-15 Agustus), Piala Asia U-20 2022 (14-22 Agustus), Piala AFF AFF 2021 di (Agustus-September), Piala Asia 2022 di Indonesia (13-25 September), Piala Asia U-17 (18-26 September), di Vietna, lalu sederet kualifikasi untuk Piala Asia di berbagai kategori usia.

Berita Terkait