Tak Hanya Piala Asia, Kompetisi AFC Lainnya juga Harus Gigit Jari

Komite Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) secara resmi membatalkan kompetisi Piala Asia U-16 dan U-19 tahun ini akibat pandemi virus corona yang masih berlangsung.

Tak hanya dua turnamen sepak bola usia muda tersebut, AFC juga telah memutuskan untuk mendunda hajatan sepak bola wanita, AFC Futsal Championship 2020, dan AFC Beach Soccer 2021.

AFC memutuskan penyelenggaraan dengan nama baru, yakni Piala Asia U-20 2023 dan Piala Asia U-17 2023. Hak tuan rumah masih diberikan kepada negara yang sama, yaitu Uzbekistan dan Bahrain.

Penjadwalan kembali juga berlaku untuk kompetisi sepak bola wanita, futsal, dan sepak bola pantai sampai pemberitahuan lebih lanjut.

Indonesia sendiri telah menerima pengumuman lewat surat resmi yang diterima oleh PSSI selaku federasi pada Jumat (15/1/21) kemarin. PSSI menghormati keputusan AFC yang menunda Piala Asia U-16 dan U-19.

“Kami menghormati keputusan ini. PSSI akan tunduk dan patuh terhadap apa pun keputusan AFC,” kata Ketua Umum Mochamad Iriawan seperti dilansir laman federasi.