Tips Jadi Penjaga Gawang Hebat dari Pelatih Kiper Persija

Pelatih kiper , , berbagi tips untuk menjadi penjaga gawang yang hebat. Salah satu yang disarankannya adalah selalu bekerja keras dan tidak cepat merasa puas.

Hal inilah yang selalu diterapkan Fauzi di tim . Mentor dan kiper Persija lainnya itu selalu mengingatkan bahwa bekerja keras tidak akan pernah mengkhianati hasil.

“Bekerja keraslah dari sekarang, karena kerja keras tidak pernah mengkhianati hasil. Semua hal yang membuat kita sukses harus dilakukan, seperti disiplin dan tidak pernah merasa puas,” tutur Fauzi dikutip dari laman resmi klub, Senin (4/1/2021).

“Lakukan yang ingin kalian inginkan, apalagi tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini,” tambah mantan junior itu.

Selain itu, Fauzi juga berpesan agar penjaga gawang bisa terus belajar dari setiap pertandingan yang dijalani. Terutama ketika kiper tersebut melakukan kesalahan, agar di laga berikutnya tak kembali terjadi.

“Saya sendiri menerapkan ini di tim Persija. Saat ada penampilan kiper Persija yang kurang baik, biasanya saya langsung koreksi satu hari setelah pertandingan,” ceritanya.

“Saya biasanya memanggil semua kiper dan melakukan diskusi untuk melihat titik kesalahan lalu memperbaikinya, sekaligus jadi bahan introspeksi diri untuk semua kiper di Persija agar nantinya mereka tidak mengulangi kesalahan yang sama.”

Fauzi juga memberikan saran kepada setiap kiper untuk tidak terus mengingat-ingat kesalahan yang dilakukan. Apalagi di dalam pertandingan yang tentu akan membuat mental bermain makin drop.

“Satu lagi yang tidak boleh dilakukan penjaga gawang adalah terus mengingat-ingat kesalahan yang telah terjadi, karena itu akan mempengaruhi mental bertanding. Justru yang harus dilakukan adalah memperbaiki kesalahan tersebut untuk menjadi lebih baik,” pungkasnya.

Persija saat ini memiliki empat penjaga gawang di tim utama. Mereka adalah Andritany, , , serta Risky yang dilatih langsung oleh Ahmad Fauzi.

Berita Terkait