AFC Buka Peluang Tunda Lagi Kualifikasi Piala Dunia 2022, Nasib Timnas Indonesia Terombang-ambing

Timnas Indonesia berpotensi kembali batal bertanding pada Maret 2021 dalam Kualifikasi Piala Dunia 2022. Hal itu terjadi setelah AFC menimbang peluang untuk menunda pertandingan sisa ke Juni 2021.

Menurut laporan Dubai Sports, Rabu (6/1/2021), pertimbangan itu dilakukan AFC dengan melihat situasi yang ada saat ini. AFC memiliki dua rencana terkait pertandingan sisa di Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Opsi pertama adalah pertandingan sisa di Kualifikasi Piala Dunia 2022 tetap diselenggarakan pada Maret dan Juni 2021 dengan format kandang tandang. Adapun opsi kedua adalah menunda pertandingan ke Juni 2021 dengan format secara terpusat.

Sampai awal Januari 2021, situasi dunia khususnya Asia belum juga kondusif dari pandemi COVID-19. Alasan itulah yang membuat kemungkinan besar AFC bakal memilih opsi kedua demi alasan keselamatan semua pihak.

Timnas Indonesia memiliki tiga laga sisa di Kualifikasi Piala Dunia 2022. Pasukan Shin Tae-yong akan menghadapi Thailand dalam laga tandang, Uni Emirat dalam laga kandang, dan Vietnam dalam laga tandang.

Meskipun sudah tak berpeluang, namun pertandingan sisa di Kualifikasi Piala Dunia 2022 bisa menjadi barometer kualitas Timnas Indonesia dalam asuhan pelatih Shin Tae-yong.

Seperti diketahui, sejak ditunjuk menjadi pelatih Timnas Indonesia pada Desember 2019, Shin Tae-yong hanya fokus pada timnas kelompok umur.

Asosiasi Sepak Bola Thailand (FAT) lebih memilih opsi kedua terkait lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022. Sekjen FAT, Patit Supaphong mengaku pihaknya akan berkomunikasi dengan AFC terkait keinginan tersebut.

Menurut Patit, menggelar pertandingan pada Maret 2021 masih terlalu beresiko. Penilaian itu diungkapkan dengan merujuk pada angka penyebaran COVID-19 yang masih tinggi di kawasan Asia.

“Saya yakin Maret masih terlalu dini bagi banyak Timnas untuk melakoni laga kandang dan tandang. Jika digelar Juni, saya yakin AFC akan memutuskan pertandingan secara terpusat,” tegas Patit Supaphong kepada Siamsport.