Sudirman Minta Empat Pemain Persija Jakarta Punya Ambisi Di Spanyol

Persija Jakarta menyumbangkan empat nama untuk timnas Indonesia U-19 yang saat ini tengah berada di Spanyol untuk menjalani pemusatan latihan (TC). Mereka masuk proyeksi skuad untuk Piala Asia U-19 2020 tahun depan.

Kendati Piala Dunia U-20 2021 dibatalkan, namun masih ada Piala Asia U-19 yang harus diperjuangkan. Empat pemain Persija yang tengah berusaha masuk ke skuad final Garuda Muda diharapkan tetap bersemangat dan punya ambisi.

Mereka yang tengah berada di Negeri Matador antara lain bek kiri Salman Alfarid, Sandi Arta Samosir, Braif Fatari, dan Alfriyanto Nico yang merupakan pemain depan. Sudirman, pelatih Persija, mendukung penuh kemajuan mereka.

“Alhamdulillah mereka masuk dalam skuad timnas U-19 yang berangkat TC ke Spanyol. Tentunya ini merupakan kesempatan yang baik dalam mengembangkan kemampuan sepakbola mereka selama di sana,” ujar Sudirman, dikutip situs resmi Persija.

“Saya meminta untuk keempat pemain ini harus tetap fokus, dan selalu punya motivasi untuk menjadi yang terbaik di antara yang terbaik [menjadi pemain inti di timnas U-19],” tutup suksesor dari pelatih Persija sebelumnya, Sergio Farias tersebut.

Total ada 30 pemain yang masuk daftar skuad untuk TC di Spanyol. Namun, PSSI mengonfirmasi bahwa tiga pemain harus ditinggal terlebih dahulu karena terindikasi virus Covid-19, dan masih berpeluang untuk menyusul ke Spanyol.

Selain para pemain yang sudah mengikuti TC di Jakarta sebelumnya, pelatih Shin Tae-yong juga menyertakan nama-nama tambahan dari pemain yang berkarier di luar negeri. Mereka adalah Elkan Baggott, Kelana Mahesa, dan Witan Sulaeman.

Elkan berkarier di Inggris dengan membela Ipswich Town, dan pemuda setinggi 194 cm itu punya peluang besar untuk jadi palang pintu andalan timnas U-19. Sementara Kelana berasal dari Jerman, dan Witan di Serbia bersama Radnik Surdulica.

Pada TC Spanyol yang digelar di Kota Salou, timnas U-19 diharapkan juga melakoni beberapa laga uji coba, entah melawan tim setempat, atau pun negara lain. Yang pasti, tim pelatih berharap lawan uji coba yang punya kualitas di atas timnas U-19.

Sementara ini, kegiatan timnas U-19 akan diawasi oleh direktur teknik PSSI, Indra Sjafri, dibantu para tim pelatih lain seperti Nova Arianto hingga Sahari Gultom. Tae-yong akan menyusul ke Spanyol pada awal Januari tahun depan.